oleh

BI Kepri, Penggunaan Mesin Deposito Uang Koin, Masih Tunggu Info Pusat

-Ekonomi-175 views

img-20161005-wa0019_1-640x434

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, Gusti Rasal Eka Putra mengatakan ,masih menunggu informasi dari BI pusat, untuk menerapkan mesin deposito uang koin untukmempermudah masyarakat dalam menabung.

Karena dikatakan Gusti, mesin deposito uang koin ini bertujuan, untuk mempermudah dan mempercepat layanan untuk penyetoran uang koin melalui perbankan.

“Jadi kalau masyarakat kelebihan koin, dia bisa setor.Begitu sebaliknya jika butuh koin bisa ambil melalui mesin tersebut. Dan mesin ini mirip mesin ATM, yang hanya digunakan untuk koin,” ucap Gusti.

Sementara kapan diberikan mesin tersebut, sambung Gusti, masih menunggu informasi dari pusat.

“Namun saya belum dapat info,
bank-bank mana saja yang telah merencanakan pengadaan mesin ini. Kayaknya sementara masih dilaksanakan didaerah Jawa dulu,” kata Gusti.

Kerena berita sebelumnya Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Asral Mashuri di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2016, mengatakan BI berencana menerapkan mesin deposito uang koin di perbankan untuk melayani masyarakat yang ingin menabung dengan uang tersebut.

Karena menurut dia, uang koin sekarang ini susah kembali lagi ke bank. Kebanyakan disimpan dan tidak teredarkan. Tidak berputarnya uang koin membuat BI harus mencetak ulang, padahal umur uang koin lebih lama dibanding uang kertas.

Diharapkan, dengan adanya mesin deposito, uang koin bisa membantu perbankan dalam menarik uang koin. “Ini juga bisa memperlancar sirkulasi uang, dan nantinya bank bisa mengambil uang dari tabungan masyarakat,” ujarnya. (AFRIZAL).

Komentar