Cara Alami Membuat Agar-agar Rasa Jeruk

Kuliner223 views

Ketika cuaca panas terik tenggorokan seakan kering kerontang, kadang ingin sekali rasanya memakan sesuatu yang mampu memoles dan menyegarkan tenggorokan, dengan segelas agar-agar misalnya, seperti pada sebuah iklan produk minuman sprite, cuaca terik dan panas menjadi cair dan segar seperti sedang mandi di kolam renang, hehe.

Oke, baiklah pemirsa sekarang kita “Fokus” kepada tujuan, yakni membuat agar-agar segar rasa jeruk dengan cara yang alami, zaman serba canggih sekarang ini mungkin tidak sulit untuk menemukan bahan agar-agar dengan rasa jeruk, aple, jambu dan lain sebagainya, itu semua bisa anda temukan baik di swalayan, pasar tradisional dan di minimarket yang tersebar di seluruh pelosok jagat raya, namun demikian tentu tidak ada salahnya juga anda mencoba membuat agar-agar sendiri dengan caara yang lebih mudah dan sederhana, untuk itu mari kita simak tips berikut ini.

Cara alami membuat agar-agar rasa jeruk

  1. Ambil sebungkus agar-agar putih, terserah mau merek apa saja (swallow, rose brand dan lain-lain).
  2. Masak dengan santan, pakai gula pasir (rasa manisnya sesuai selera anda).
  3. Ambil jeruk bulat yang belum dikupas, kemudian Potong jeruk beserta kulitnya membentuk setengah lingkaran, kemudia keluarkan isi jeruk perlahan-lahan agar kulitnya tidak terkelupas, sehingga bentuknya tetap utuh membentuk setengah lingkaran.
  4. Setelah agar-agar putih mendidih, tuangkan kedalam kulit jeruk yang sudah dibentuk tadi.
  5. Diamkan sampai agar-agar mengeras.
  6. Jika anda ingin membuat kombinasi agar-agar dengan warna lain, bisa juga sambil menunggu agar-agar putih mengeras, masak agar-agar merah dengan gula pasir ditambah santan, sampai mendidih, kemudian tuang agar-agar merah diatas agar-agar putih yang sudah mengeras tadi, dengan catatan agar-agar putih yang pertama dibuat tadi masih menyisakan tempat untuk agar-agar merah, untuk lebih cepat proses pengerasannya masukkan kedalam kulkas.
  7. Jika ingin mengkolaborasikan dengan aneka buah, anda tinggal potong-potong buah dan masukkan juga kedalam agar-agar yang sedang dalam proses pengerasan.

Setelah semua proses diatas selesai, potong agar-agar yang sudah jadi seperti isi jeruk, menu ini cocok disajikan ketika anak-anak pulang sekolah, ditengah hari yang panas dan terik, agar-agar akan sangat membantu sekali melepaskan dahaga anak-anak, selain itu agar-agar juga baik untuk membantu proses pencernaan anak-anak.

Semua jenis buah jeruk bisa dijadikan tempat pembuat agar-agar rasa jeruk, mulai dari jeruk yang berukuran kecil hingga besar, namun untuk hasil yang lebih nikmat tidak ada salahnya anda membuatnya dengan menggunakan kulit jeruk bali, dan jeruk sankis, disamping ukurannya besar rasanya juga lebih seger dan nikmat.

Nah pembaca setia tips membuat agar-agar rasa jeruk selesai, cukup mudah bukan, selamat mencoba.

*Redaksi – dikutip dari CK

Komentar