oleh

Lis Buka Musrenbang Tingkat Kota Tanjungpinang 2016

Tanjungpinang, Tuah Kepri  –

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbag) tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2016, di Ballroom CK Hotel Tanjungpinang Rabu (6/4).

Acara bertema ” Penguatan dan Peningkatan Kualitas Pembangunan Daerah di Berbagai Bidang dalam Rangka Pencapaian Visi Misi Kota Tanjungpinang 2013-2018, menuju Tanjungpinang Gemilang,” yang pelaksanaanya digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Lis mengatakan forum musrenbag ini, jangan dijadikan sebagai acara ceremonial saja. “Jadikan forum ini sebagai forum perencanaan untuk menyelaraskan keinginan-keinginan masyarakat pada 2017 mendatang,” katanya.

Dikesempatan itu, Lis menjelaskan bahwa strategi perencanaan daerah dimasa pemerintahan Lis-Syahrul mengacu pada visi Kota Tanjungpinang. Kemudian diselaraskan melalui pemanfaatan secara optimal keunggulan potensi sumberdaya alam dan posisi strategi kota, pengbangan investasi, ekonomi kerakyatan, ktivitas politik, sosial, budaya, penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

“Pembenahan dan mengembangkan infrastruktur fisik kota, baik kualitas maupun kuantitas, serta peningkatan kemitraan Pemko dengan seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang. Hal ini guna peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujar Lis.

Menurut Lis, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2017 ini, merupakan dokumen rencana pembangunan tahunan kelima dalam RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2013-2018. Pelaksanaan Musrenbang ini adalah momentum optimalisasi pencapaian target-target kinerja pembangunan yang tertuang didalam RPJMD tersebut.

Sementara itu, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan untuk tahun 2017, ada beberapa program kerja prioritas yang akan berjalan. Yaitu, rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah SD, SMP, dan SMA, puskesmas seijang dan puskesmas serta pembangunan pusat kuliner Tanjungpinang.

“Sebagai optimalisasi pelayanan publik, Pemko akan membangunan gedung pemerintahan, baik gedung lima lantai di senggarang, gedung kecamatan, kelurahan, pembangunan jembatan tanjung unggat-kampung bulang dan jembatan madong-sei nyirih, prioritas pembangunan banjir, revitalisasi kawasan penyengat sebagai kawasan heritage, serta program pemberdayaan masyarakat di 18 Kelurahan se-kota Tanjungpinang, ” kata Syahrul

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang, Hamalis melaporkan bahwa, pelaksanaan musrenbang ini, sebelumnya melalui proses pembahasan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan dengan hasil keluaran dari pembahasan. Yaitu, kesepakatan antara pemerintah daerah dan stakeholder tentang program dan kegiatan prioritas daerah dalam pencapaian agenda pembangunan tahun 2017.

Kemudian penyempurnaan rancangan awal RKPD 2017, dan daftar program kegiatan yang disepakati secara musyawarah untuk setiap bidang pembahasan,” ujarnya. (AFRIZAL)

Komentar