oleh

Selamat Jalan Pak Robert Inilah Profilnya

Tanjungpinang, (TK) –

Salah seorang putra daerah Provinsi Kepri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Robert Iwan Loriaux, lahir 19 Noppember 1959 di Tanjungpinang tutup usia (57) tahun pada hari Kamis (4/2/2016), pada pukul 10.40 WIB pagi, telah dipanggil oleh maha pencipta Allah SWT dan mengejutkan seluruh masyarakat Provinsi Kepri.

Sosok pejabat yang sangatbergurau dan terbuka dengan siapapun, selalu mencoba memberikan jalan keluar yang baik, untuk setiap permasalahan yang terjadi di Provinsi Kepri.

Khususnya bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi, Kota maupun di Kabupaten di Kepri. sosok Robert Iwan Loriaux juga menjadi panutanAlmarhum dan juga dipercaya Gubernur Kepri HM Sani yang menjabat Sekdaprov Kepri sejak 16 Januari 2014, menggantikan Suhajar Diantoro yang dipromosikan sebagai Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat.Almarhum tiba dirumah dikediamannya jalan Ciku

Tentunya semua ingin mengetahui bagaimana karirnya sosok Almarhum selama ia menjabat di Provinsi Kepri. Dan berikut ini informasi yang dilansir batampos yang dipublis Januari 2014 lalu.

1. Pada tahun 1979, ia tamat SMA di Jakarta dan mendapatkan pekerjaan sebagai pembantu kantor di Kantor Sosial Politik (Sopol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepri. Beberapa waktu berjalan, ia diberikan tugas dan tanggung jawab membantu pemulangan pengungsi Vietnam di Batam.

2. Mejelang akhir tahun 1979, ia diangkat menjadi PNS. SK pengangkatannya ia terima November 1980. Setelah ada SK tersebut, statusnya berganti dari magang menjadi PNS dengan pangkat golongan II A.

3. Pada tahun 1982 ada kesempatan untuk tes Akademi Pemerintah Dalam Negeri (APDN) di Pekanbaru. Pada tahun 1985, ia lulus APDN dengan peringkat tiga terbaik.

4. Karena lulus APDN tersebut, pangkat dan jabatannya langsung disesuaikan dari II A menjadi II B. Karena prestasinya, ia mendapatkan prioritas dari Departeman Dalam Negeri (Depdagri) untuk melanjutkan pendidikan ke Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). Sehingga, selesai APDN Robert tidak sempat menikmati kembali bekerja.

5. Pada tahun 1986, Robert masuk IIP dan lulus pada tahun 1988 dan langsung kembali ke Tanjungpinang. Tempat pertama kali bertugas setelah lulus IIP di bagian kepegawaian, sambil menunggu penugasan.

6. Akhir tahun 1989, merupakan tugas pertamanya turun ke wilayah. Waktu itu. mewakili Camat Kundur, Amid Rizal yang pada waktu itu sedang menjalani pendidian Diklat Pim III.

7.Selama satu tahun berjalan, tahun 1990 sampai 1992 saya pertama kali menjadi Camat Moro. Itu merupakan tugas pertama sebagai seorang camat,” jelas Robert.

8. Kembali melanjutkan sekolah Sispem Pemdagri yang dilatih oleh Pemda dengan angkatan darat dengan lama pendidikan empat bulan. Selesai dari Sespim tahun 1993, ia dipindah tugaskan sebagai Camat Singkep. Tahun 1995 pindah lagi sebagai Camat Karimun sampai tahun 1999.

9. Akhir 1999, Robert pernah meraskan menjadi Camat Lima Puluh Pekanbaru, karena harus mengikuti aturan yang ditentukan Pemprov Riau pada waktu itu.

10. Setahun kemudian, Bupati Kepulauan Riau, Manan Saiman menariknya kembali ke Tanjungpinang menjadi Kepala Markas Wilayah Pertahanan Sipil kalau sekarang jadi Kesbangpolinmas.

11. Selang beberapa waktu kemudian, ia diangkat menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepualau Riau.

12. Pada tahun 2003 saya diangkat jadi Kepala Bappeda Kabupaten Kepualau Riau. Berselang beberapa tahun kemudian terjadi transisi karena terbentuknya Provinsi Kepri tahun 2004.

13. Begitu provinsi buka, saya pindah ke provinsi menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata. Selama lima tahun, sampai akhir masa kepemimpian Gubernur Kepri pertama Ismeth Abdullah dengan Wakilnya HM Sani.

14. Di era Gubernur Kepri kedua HM Sani, ia dipercaya sebagai kepala Bappedalda sampai tahun 2012. Pada awal tahunb 2013 Robert diangkat menjadi Assiten II. Setelah itu, ditunjuk sebagai pelaksana tugas Sekda.Penjabat Gubernur Kepri Nuryanto lagi mendoakan almarhum Sekda provinsi Kepri di kediamanya jalan Ciku

Pria keturunan Belanda ini Robert Iwan Loriaux merupakan pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) kelima Pemprov Kepri. Ia sempat menjabat Pelaksana tugas (Plt) Sekdaprov Kepri di tahun 2010.

Bekas mantan Asisten II Pemprov Kepri itu mengantikan jabatan Suhajar Diantoro sebagai Sekdaprov Kepri keempat di era pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri HM Sani dan Soerya Respationo yang diangkat menjadi Rektor IPDN pada tahun 2013.

Robert menjabat sebagaiPelaksana tugas (Plt) Sekda sejak bulan Oktober tahun 2010. Dia juga merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemprov Kepri. Dan inilah terakhirnya memasuki bulan kedua tahun 2016, jabatan terakhirnya yaitu Sekda Provinsi Kepri dan iapun dipanggil oleh Allah SWT. Selamat jalan pak Rober, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggal tetap tabah dan bertawakal. (AFRIZAL).

Komentar