oleh

Lis : Penyandang Disabilitas Perlu Perhatian Khusus

Tanjungpinang (TK)

Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) untuk masa selanjutnya yang akan datang, memberikan perhatian khusus bagi penyandang Disabilitas. Hal ini disampaikan Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah pada Hari Perigatan Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2015, Kamis (03/12) ,di Aula Asrama Haji Tanjungpinang.

Suasana peringatan HDI tersebut dilaksanakan dengan suka cita oleh seluruh 537 penyandang Disabilitas se- Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutanya Lis  mengatakan, meskipun mereka tidak sempurna di fisik, namun mereka sempurna di hati dan pikiran.” Mereka anak-anak yang memiliki kelebihan yang diberikan Allah SWT, meskipun dengan kondisi fisik yang tidak sempurna, anak-anak disabilitas ini memiliki kemampuan dan bakat yang sangat luar biasa dan pemerintah sendiri akan memberikan perhatian khusus untuk mereka,” kata Lis kepada seluruh penyandang Disabilitas.

Bentuk perhatian khusus yang akan pemerintah berikan kata Lis, tahun depan 2016 pihaknya akan menganggarkan untuk memperkerjakan anak-anak disabilitas di Pemerintah kota Tanjungpinang yang telah lulus pada jenjang SLT.

“InsyAllah kami juga akan menyediakan sarana dan prasarana mereka berkumpul untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki.Selain itu pihaknya melalui dinas kesehatan, akan membuat program kesehatan yakni pengecekan kesehatan secara rutin bagi anak-anak yang mengalami disabilitas ” ujar Lis

Bahkan Lis, menyampaikan hal dilakukan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa disabilitas jangan dipandang sebagai sesuatu kekurangan, akan tetapi perlu memberikan dukungan dan motivasi untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

“Sehingga mereka bisa menjadi anak-anak yang maju, baik dilingkungan keluarga, masyarakat dan pemerintah, “ucap Lis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi, menyampaikan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember, merupakan komitmen dari seluruh bangsa dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas yang nyata.

“Peringatan HDI ini, kami isi dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, pameran karya tulis disabilitas, pemberian alat bantu berupa kursi roda, tongkat ketiak, walker dan hearing (alat bantu dengar) serta bingkisan,” katanya.

Sedangkan untuk jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), khususnya penyandang disabilitas di Kota Tanjungpinang sebanyak 537 orang di 4 Kecamatan dan 18 Kelurahan. “Dimana 38 orang dengan kecacatan berat (ODK) dan 495 orang kecacatan ringan dan sedang,”kata Surjadi dengan mata sedikit berkaca-kaca pada acara tersebut.

Disela-sela kegiatan, Walikota Lis Darmansyah, didampingi Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Surjadi, unsur FKPD, serta pejabat Pemko, menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas.

Dikesempatan itu juga, salah satu anak disabilitas memberikan cinderamata dari hasil karyanya kepada Lis berupa lukisan wajahnya dan Lis menerimanya dengan terkagum-kagum melihat hasil karya tersebut.

Acara pun semakin meriah, ketika anak-anak disabilitas menampilkan bakat yang mereka miliki, seperti paggelaran pantonim, karate, nyanyian, pembacaan puisi, dan solo drum. Kepiawaian mereka diatas panggung membuat para penonton kagum, meskipun dengan keterbatasan fisik anak-anak itu tampil dengan hebatnya. Lis pun turut bernyanyi bersama anak-anak disabilitas.

Sebelum meninggalkan tempat acara, Lis berdialog bersama anak-anak disabilitas, anak-anak tersebut telihat senang ketika disalami, dipeluk dan digendongnya. (AFRIZAL).

Komentar