'

Melalui PATBM, Mari Cegah Kekerasan Terhadap Anak

Tanjungpinang, – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, melaksanakan kegiatan pembinaan program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kota Tanjungpinang tahun 2019, untuk mengatasi dan mencegah kekerasan terhadap anak.

Seiring dengan waktu, perubahan yang terjadi disebabkan arus globalisasi yang selalu membawa dampak positif maupun negatif permasalahan anak saat ini ,telah begitu kompleks dan rumit. Inilah yang menjadi latar belakang dilaksanakan kegiatan ini untuk menjamin hak perlindungan dan kekerasan terhadap anak.

Menyadari masih tingginya kasus kekerasan terhadap anak di Kota Tanjungpinang dan untuk mengatasi hal tersebut, maka dibentuk gerekan pogram PATBM Kota Tanjungpinang. Gerakan ini diinisiasi oleh masyarakat dan untuk masyarakat/kelompok orang yang mampu mengenali, menelaah dan mengambil inisiatif untuk mencegah dan manangani masalah kekerasan terhadap anak.

Dengan tujuan, untuk mencegah kekerasan terhadap anak. Menurunkan angka kekerasaan pada anak dengan mengubah norma sosial. Membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mencegah kekerasan serta meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menanggapi kekerasan terhadap anak.

Kegiatan PATBM Kota Tanjungpinang, dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H Syahrul S.Pd Senin 4 Nopember 2019 di Hotel Aston Tanjungpinaang. Kegiatan ini diikuti sebanyak 90 orang peserta, yang terdiri dari seluruh unsur masyarakat seperti RT, RW, Posyandu, PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, BKMT dan aktifis perlindungan anak.

Dengan narasumber yang akan mengisi materi dari Universitas Padjadjaran, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau, Polres Tanjungpinang serta Fasilitator PATBM Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang.

Narasi Foto : AFRIZAL

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Melalui PATBM, Mari Cegah Kekerasan Terhadap Anak"