Kepri Harus Sediakan Kapal Ambulance Untuk Pasien Rujukan

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Mendapatkan pelayanan kesehatan medis di Rumah Sakit (RS), tentu didambakan masyarakat khususnya yang berada di pulau terperincil yang ada di Kepulauan Riau (Kepri). Dan hingga saat ini terkendala tidak adanya sarana kapal ambulance sebagai transportasi laut.

Ilustrasi kapal yang ada laut, foto internet

Ilustrasi kapal yang ada laut, foto internet

Keberadaan kapal Ambulance transportasi laut sangat didambakan oleh masyarakat, karena berfungsi sebagai untuk mengangkut pasien atau jenazah. Apalagi Provinsi Kepri merupakan daerah Kepulauan yang lebih luas laut nya dari pada daratan.

Sebab, mengandalkan kapal cepat atau kapal penumpang lainnya, justru memberatkan ekonomi masyarakat yang tinggal di pulau yang masih minimnya tenaga dokter spesialis untuk mendapatkan layanan kesehatan medis di Rumah Sakit (RS). Seperti di Tambelan dan Kabupaten Kepulauan Anambas.
Hal ini diungkapkan oleh kata Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Tanjungpinang, Gunardi Chandra.

“Memang untuk di daerah Kabupaten Anambas dan Tambelan, masih kurang tenaga dokter spesialis. Sehingga ketika masyarakat atau pasien menderita penyakit yang agak serius, terpaksa dirujuk di daerah lain. Tentunya ini sangat diperlukan atau dibutuhkan transportasi kapal laut khusus yang lebih cepat untuk membawa pasien. Contoh seperti kapal Ambulance laut,” kata Gunardi, Selasa (29/11).

Dan hal ini menurutnya, tentunya perlu peran Pemerintah Daerah setempat untuk membahasnya, karena menyangkut  anggaran.

“Karena saya menilai masyarakat Kepri sangat menambakan fasilitas tersebut, karena ini menyangkut tentang kesehatan si pasien, ketika dibawa kerumah sakit pusat Kota maupun Provinsi,” ucapnya.

Sementara saat di tanya warga Tambelan yang berada di Tanjungpinang, Kas mengatakan mendukung dan berharap Pemerintah menyediakan kapal Ambulance laut, untuk membutuhkan penanganan lebih cepat apabila di rujuk di rumah sakit pusat Kota atau Provinsi.

“Ya memang sangat kami butuhkan kapal ambulance untuk membawa pasien dari pulau-pulau ke rumah sakit di pusat kota atau Provinsi ketika dirujuk,” katanya.

Mudah-mudahan Pemerintah mendengar apa yang masyarakat inginkan, untuk segera menyediakan kapal Ambulance laut karena ini menyangkut masalah biaya juga.

“Ya kalau kita mampu, kalau tidak mampu bagaimana,” ucapnya. (AFRIZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kepri Harus Sediakan Kapal Ambulance Untuk Pasien Rujukan"