oleh

Gubernur Ansar Ajak Berbagai Elemen Ikut Andil Majukan Pendidikan di Kepri

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI -Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad mengajak seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan bersama pemerintah, guna bersama – sama memajukan sektor pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau.

Terlebih lagi, Pemerintah Provinsi Kepri sangat berkomitmen untuk terus mencerdaskan masyarakat melalui misi mewujudkan manusia yang berkualitas sehat dan berdaya saing, dengan berbasis kepada iman dan taqwa.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menghadiri acara Pemberian Beasiswa Kepada Anak Sekolah dan juga pengukuhan Anak Negeri Cinta Pendidikan (ANCP) di Kings Hotel Kota Batam, Sabtu (5/11/2022).

Dikatakan Gubernur, tujuan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan pada UUD 1945, salah satunya yakni turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Guna mewujudkan hal ini, maka memajukan sektor pendidikan menjadi hal sangat penting.

Diakui Gubernur Ansar, dalam pelaksanannya masih banyak hambatan yang terjadi. Salah satunya letak geografis Kepri yang terdiri dari daerah pesisir dan kepulauan, ditambah dengan keterbatasan tenaga pendidik yang bisa mengabdikan diri di wilayah kepulauan.

Meski begitu adanya tantangan di Kepri, Gubernur Ansar tetap bertekad kalau sektor pendidikan memegang peran sangat penting. Ia mengutip pendapat Elizabeth Warren dalam bukunya Pinki Promise yang berbunyi “Good Education is Foundation for Better Future’’.

“Artinya pendidikan yang baik merupakan pondasi untuk kehidupan yang lebih baik. Pendidikan yang baik juga merupakan salah satu faktor untuk kehidupan yang lebih baik, pada kemajuan suatu negeri,” ujar Gubernur.

Terkait dengan program pemberian bantuan beasiswa, sejauh ini Pemprov Kepri terus berkomitmen memberikan bantuan pendidikan beasiswa, baik kepada siswa berprestasi ataupun siswa kurang mampu.

Tidak hanya beasiswa, Pemprov Kepri juga memberikan bantuan tranportasi bagi anak anak sekolah di kabupaten/kota se Kepri, hingga bantuan meningkatkan kompetensi tenaga pengajar melalui peningkatan jenjang pendidikan formal.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Ansar juga melantik secata resmi perkumpulan Anak Negeri Cinta Pendidikan (ANCP) Provinsi Kepri dan juga Pengurus serta Koordinator kabupaten/kota se-Kepri Masa Bhkati Tahun 2022 – 2027.

Mantan Bupati Kabupaten Bintan itu juga berharap, dengan adanya perkumpulan ANCP ini, dapat memberikan motifasi dan memompa semangat pendidikan dan semangat belajar masyarakat Provinsi Kepri.

“Lebih dari itu, kehadiran ANCP nantinya dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri untuk menjadikan Kepri yang berdaya saing dan berbudaya, serta unggul dan maju dalam pendidikannya,” ucapnya. ( Red).

Komentar