oleh

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Tanjungpinang Lantik Panwascam

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan serta Pembekalan Orientasi bagi 12 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) terpilih Se-Kota Tanjungpinang, Sabtu (29/10/2022) di CK Hotel Tanjungpinang.

Dilantiknya 12 orang 12 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, untuk pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, yang disaksikan oleh tamu undangan dari Bawaslu Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, unsur Forkopimda, Forkopimcam Se-Kota Tanjungpinang,
Ketua KPU Tanjungpinang, Kapolresta Tanjungpinang, Kejari Tanjungpinang, Kaban Bakesbangpol Tanjungpinang, Ketua LAM Tanjungpinang, Kadisduk Capil, Kasatpol PP, serta Camat, Kapolsek dan Kepala KUA Se-Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, M.Kom.I menjelaskan bahwa telah ditetapkan dan dilantik 12 orang Panwascam terpilih Se-Kota Tanjungpinang, berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Nomor : 022/HK.01.01/K.KR-06/10/2022 tentang Penetapan Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kota Tanjungpinang.

“Pelantikan 12 Orang Panwascam, dari total 4 kecamatan, masing-masing terdapat 3 orang ini, merupakan tahapan akhir dari proses pembentukan Panwascam, “kata Zaini yang juga sebagai Kordiv. SDMO, Diklat, Data dan Informasi.

Lanjut Zaini menegaskan kepada seluruh panwascam, agar menyadari bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini adalah sumpah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dan kepada manusia yang yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, sebagai bentuk tanggungjawab terhadap bangsa dan negara.

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan penuh rasa tanggungjawab, jaga integritas dan profesionalitas, “ucap Zaini.

Ia mengingatkan bahwa Panwascam harus memiliki jatidiri sebagai pengawas, diantaranya komitmen menjaga SIM-P, yaitu bekerja dengan Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas. Bangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik, dengan berbagai pihak dalam menyukseskan pengawasan tahapan pesta demokrasi 2024 ditingkat kecamatan.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Maryamah, M.Pd.I, selamat dan sukses bagi Panwascam yang dilantik, laksanakan tugas secara berintegritas dan profesionalitas. Serta mengapresiasi kepada Bawaslu Kota Tanjungpinang yang telah melaksanakan tahapan pembentukan Panwascam dengan baik.

“Luruskan niat, jaga integritas dan profesionalitas dalam bertugas”, tegas Maryamah, M.Pd.I yang juga Kordiv. Pencegahan, Humas, Parmas.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan pembekalan orientasi bagi Panwascam, yang disampaikan langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang. Guna memberikan pemahaman tentang tugas, kewenangan, kewajiban Panwascam. Kepemiluan, Kepengawasan, tata kerja dan pola hubungan Panwascam. Serta tata cara penanganan dugaan pelanggaran Pemilu. (Red).

Komentar