oleh

84 Orang Pelajar Ikuti BPJRB 2017 Lantamal IV

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Sebanyak 84 orang Perwakilan siswa-siswi SMAN, SMKN dan SMPN yang berada di Tanjungpinang, mengikuti kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2017 yang diselenggarakan Lantamal IV.

Kegiatan yang diselenggarakan Lantamal IV, untuk mengisi kegiatan liburan sekolah di Kota Tanjungpinang.

Upacara pembukaan BJRB dibuka langsung oleh Danlantamal IV Laksma TNI R.Eko Suyatno berlangsung di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, (Jumat 14/7). Bertindak sebagai Dansatgas BJRB kali ini Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag jabatan sehari-hari sebagai Kadispotmar Lantamal IV.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan TNI AL, yang dilaksanakan Lantamal IV untuk mengisi waktu liburan sekolah pelajar SMP/SMA/SMK yang ada di Kota Tanjungpianang, dengan berbagai kegiatan positif antara lain meningkatkan pembinaan mental rohani, ideologi dan mental juang, semangat jiwa bahari, Bahaya Narkoba, Baya Penularan HIV/AIDS, Pengetahuan Selam Dasar, Kenakalan Remaja, Joy Sailing, Dasar-dasar Kepemimpinan, bahaya faham radikalisme dikalangan pelajar khususnya kepada generasi muda.

Kegiatan BJRB kali ini, dikuti oleh 84 Siswa/siswi perwakilan dari SMAN-1 5 orang,SMAN-2 5 orang, SMAN-3 6 orang, SMAN-4 5 orang, SMAN-5 5 orang, SMAN-6 5 orang, SMKN-1 6 orang, SMKN-2 5 orang, SMKN-3 5 orang, SMKN-4 5 orang, SMKN-4 5 orang, SMP Hang Tuah 10 orang, Pramuka Saka Bahari,12 orang dan masyarakat umum 10 orang.

Adapun tema yang diusung kali ini adalah “Melalui Bintal Juang Remaja Bahari 2017, Kita Tumbuhkan Mental Remaja Yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Tanah Air Dan Berjiwa Bahari”.

Upacara diawali dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa oleh Danlantamal IV.

Selanjutnya dalam Sambutanya Danlantamal IV Laksma TNI R.Eko Suyatno mengatakan bahwa upacara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal dimulainya kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) di Mako Lantamal IV Tanjungpinang.

Selama 3 hari peserta BJRB akan dibekali dengan berbagai ilmu tentang pembinaan mental kejuangan dan kebaharian, kesemuanya ini di arahkan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta Bahari.

Dia menambahkan, bahwa BJRB dimaksudkan untuk mengantarkan para generasi muda untuk mengenal lebih dekat lingkungan laut. Pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” dengan mengenal lebih dekat, diharapkan tumbuh pemahaman akan arti penting laut bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Pada giliranya akan tumbuh pulah semangat dan jiwa bahari dalam setiap generasi muda Indonesia.

“Semangat juang dan cinta bahari ini sangat penting bagi kita, khususnya generasi muda penerus bangsa karena Indonesia adalah Negara kepualauan terbesar didunia, memiliki 17.508 Pulau, luas daratan 1.919.440 Km2 dan Lautan 3.273.810 Km2 serta berada pada posisi yang sangat strategis, memiliki sumber daya alam yang terkandung di lautan sangat banyak dan mampu mensejahterakan seluruh bangsa Indonesia. Begitu juga halnya dengan kita yang berada di Kepri yang 96 persen wilayahnya adalah lautan. Maka sangatlah memprihatinkan apabila kita tidak memiliki semangat dan jiwa bahari,” kata Eko.

Selain itu beberapa penekanan dari Danlantamal IV, agar selalu mengutamakan keamanan keselamatan diri kalian masing-masing selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Ikuti selalu setiap kegiatan dengan baik dan penuh kesungguhan, Gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk saling mengenal dan berdiskusi, serta ikuti perintah instruktur dengan penuh disiplin dan keiklasan dan tidak kalah pentingnya kepada Dansatgas berserta seluruh anggota satgas, laksanakan kegiatan ini dengan baik sesuai rencana yang telah di tetapkan dan perhatikan keamanan serta keselamatan personel,” ujar Eko.

Upacara pembukaan dihadiri Wadan Lantamal IV para Asisten,Kadisdik Prov Kepri,Kadisdik kota Tanjungpinang, Kadispora Prov Kepri, Para Kadis Jajaran Lantamal IV,Para Kepala Sekolah,Dansat Lantamal IV.(ZAL/Dispen Lantamal IV).

Komentar