oleh

5 Negara Meriahkan Festival Layang-layang Bintan

Bintan, Tuah Kepri – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan, akan menggelar Festival Layang-layang di Kabupaten Bintan yang diikuti 5 negara.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan, Makhfur Zurachman melalui Pelaksana Kegiatan Yoppi mengatakan, bahwa Festival layang-layang akan diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 21 hingga 22 Oktober 2017.

Dan peserta festival layang layang ini dikatakanya, dimeriahkan dan diikuti 5 Negara dan juga dalam negari atau lokal.

5 Negara tersebut, yaitu berasal dari Negara Singapura, Malaysia, India, Swedia dan juga Thailand. Sedangkan peserta lokal ada yang berasal dari Surabaya, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Kalimantan dan lain-lain.

” Nanti tiap Negara akan mengantarkan perwakilan exsebisinya, minimal 1 tim yang terdiri dari 2 orang peserta. Selain itu, tercatat 42 Tim Lokal yang akan mengikuti Festival Layang-layang ini. Event ini diselenggarakan dengan mengacu pada peran serta dan kreativitas kepemudaan setempat, ” kata Makhfur , Selasa pagi (17/10).

Sementara jenis layang kata dia, dapat dilihat antara lain ayang-layang WOW, WOW Ekor Panjang, Naga, Rokoku, Stand Kite dan lain-lain ” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi diselenggarakannya Festival Layang-layang di Gurun Pasir, Desa Busung, Kec Sri Kuala Lobam tersebut.

Menurutnya, Kegiatan Festival Layang-layang selain meningkatkan angka kunjungan wisatawan, nantinya diyakini sebagai pemicu kreatifitas, inovasi pemuda dan masyarakat sekaligus ajang promosi potensi pariwisata di desa.

” Laporan terakhir, kenaikan persentase rata-rata perbulannya atas kunjungan wisman ke Kabupaten Bintan pada tahun 2017 ini, mencapai 15,53 persen. Kita harapkan Event Festival Layang-layang ini, selain meningkatkan angka kunjungan wisatawan, juga ikut membantu sektor ekonomi masyarakat desa dengan mengikutsertakan peranan pemuda dan masyarakat sekitar, juga sekaligus mengenalkan, bahwa Kabupaten Bintan memiliki banyak potensi pariwisata di desa-desa dan salah satunya Gurun Pasir di Desa Busung Kec Sri Kuala Lobam,” katanya.(Zal/MCBintan).

Komentar