oleh

RSUD Kepri Akui, 290 Pekerja THL Belum Terdaftar Di BPJS Ketenagakerjaan


JTanjungpinang, Tuah Kepri – Wakil Direktur (Wasir) Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Thabib Provinsi Kepri, Sudi Nega mengakui belum mendaftarkan 290 pekerja Tenaga Harian Lepas (THL) RSUD Provinsi Kepri, ke program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Ketenagakerjaan.rsup_kepri_1_1-640x433

“Kami dari RSUD Provinsi Kepri akui, belum mendaftarkan lebih kurang sekitar 290 orang pekerja THL untuk program BPJS Ketenagakerjaan. Tapi untuk peserta BPJS Kesehatan sudah kami didaftarkan,” kata Sudi saat di hubungi media ini, Senin (21/11).

Karena dikatakannya pihak BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya agak lambat mensosialisasikan kepada pihak RSUD Provinsi Kepri. Sementara pekerja THL sudah masuk di pogram BPJS Kesehatan.

” Sosialisasi untuk program BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan pihak BPJSTK Tanjungpinang, memang ada sekitar 3 bulan yang lalulah di tahun 2016 ini. Maka itu kita belum MoU atau kerjasama sama pihak BPJS Ketenagakerjaan,” kata Sudi.

Tapi Insyaallah tahun 2017, kata Sudi akan didaftarkan. Karena di tahun 2016 belum dianggarkan dan tahun depan 2017 insyaallah dianggarkan.

Sementara dalam UU sudah diatur, yaitu Undang-undang No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU No 24 Tahun 2011 tentang BPJS mengatakan, semua tenaga kerja baik formal maupun informal atau yang tidak terafiliasi dengan lembaga swasta atau lembaga negara, harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika melanggar, maka akan mendapat sanksi tegas dari pemerintah.

Dan setiap perusahaan pemberi kerja, wajib memperhatikan keselamatan kerja karyawannya. Dan tenaga kerja wajib ikut serta dalam BPJS ketenagakerjaan.

Namun terkait kepesertaan pekerja THL RSUD Provinsi Kepri yang belum terdaftar kepesertaan di Program BPJS Ketenagakerjaan, saat dihubungi media ini kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Tanjungpinang, Jefri Iswanto membenarkan pekerja THL di RSUD Provinsi Kepri belum terdaftar.

“Berdasarkan data kita BPJS Ketenagakerjaan, untuk pekerja THL RSUD Kepri belum ada masuk atau terdaftar,” ucap Jefri.  (AFRIZAL).

Komentar