oleh

Puncak Hari Jadi Ke-232 Tanjungpinang, Lis Sampaikan Prestasi Selama 3 Tahun

Tanjungpinang, (TK) –

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah di hari jadi Kota Tanjungpinang ke 232 tahun menyampaikan dalam perjalanan tiga tahun terakhir Kota Tanjungpinang mengukir beberapa kemajuan dan prestasi di beberapa bidang.

Diantaranya meningkatkan akses sarana dan prasarana pendidikan dengan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa kuran mampu, selain itu, meningkatkan mutu pelayanan dan manajemen pendidikan.

Untuk bidang kesehatan, kata Lis, adanya peningkatan ketersediaan fasilitas kesehatan, dengan mendukung program BPJS, pembangunan puskesmas dan posyandu serta rehabilitasi pustu.

“Pada kebijakan pengentasan kemiskinan, telah dilaksanakan program pengentasan kemiskinan melalui RTLH, pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita, program pemberdayan dan peningkatan usaha bagi masyarakat miskin serta bantuan stimulan modal,” Kata Lis, saat memaparkan keberhasilan kota tanjungpinang pada puncak peringatan Hari Jadi ke-232 Tanjungpinang di Lapangan Pamedan A Yani, Rabu (06/1/).

Lebih lanjut disampaikan Lis, keberhasilan lainnya, adalah pembangunan dibidang infrastruktur melalui pemenuhan standar pelayanan perkotaan, agar Kota Tanjungpinang menjadi nyaman dan kondusif, kota yang bebas banjir, transportasi yang bebas macet, serta tersedianya ruang terbuka hujau yang memadai.

“Pemko Tanjungpinang saat ini telah menanggani 51 titik banjir atau 82,25 persen dari 62 titik banjir pada kondisi awal tahun 2013. Pembangunan dan pemeliharaan jalan terus kita tingkatkan, serta penataan perparkiran telah dilakukan dengan menetapkan seluruh kawasan Kota Tanjungpinang sebagai kawasan tertib parkir.

“Ini dapat dilihat di kawasan kota lama perpakiran sudah tertata rapi, kemudian akhir 2015 lalu, pembangunan dan penataan taman tepi laut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat, “.ucap Lis.

Kemudian atas upaya dan kerja keras Pemko Tanjungpinang, sambung Lis, Pemko telah meraih beberapa prestasi nasional, seperti penghargaan Wahana Tata Nugraha sebagai apresiasi atas penangganan perhubungan darat, penghargaan Adiwiyata, penghargaan hasil kinerja terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2014 oleh Kemendagri, Pemko Tanjungpinang berhasil meraih peringkat ke 14 besar, dan pada tahun 2015 ditargetkan menempati peringkat 10 besar se-Indonesia, penganugerahan piagam inovasi administrasi (INAGAR).

Selain itu, juara II Nasional atas prestasi program penanaman pohon, penghargaan predikat penilaian B (baik) atas penilaian akuntabilitas kinerja di tahun 2014. “Penghargaan yang paling membanggakan bagi Kota Tanjungpinang, pemko telah berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI terhadap laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2014, dan beberapa prestasi lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Lis berpesan, jadikan hari jadi tanjungpinang sebagai tonggak sejarah untuk memacu semangat membangun daerah bersama dalam rangka mewujudkan tanjungpinang yang sejahtera.

” Berbagai macam permasalahan, tidak akan dilakukan sendiri, akan tetapi dengan kebersaman, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ihlas, tekad itu menjadi point penting untuk mewujudkan pembangunan tanjungpinang yang lebih baik,” ujarnya

Diakhir sambutannya, Lis mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak dan warga Tanjungpinang, yang secara bersama-sama membangun daerah tercinta. ” Dimasa-masa mendatang pembangunan Kota Tanjungpinang akan dipenuhi oleh rintangan dan tantangan. Untuk itu, masyarakat Tanjungpinang dan aparat pemerintah harus terus bekerja keras dan bergotong-royong membangun Kota Tanjungpinang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Pjb. Gubernur Provinsi Kepri, yang dalam hal ini di wakili oleh Asisten I Pemerintahan Provinsi Kepri, Reni Yusneli, mengatakan momentum peringatan hari jadi ke 232 Tanjungpinang, hendaknya sebagai upaya reflektif untuk melalakukan evaluasi terhadap persoalan dan strateg.

“Baik itu dibidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, listrik, serta air bersih, agar dijadikan agenda penting untuk mewujudkan tanjungpinang gemilang,” katanya.

Puncak peringatan hari jadi itu, diawali dengan pembacaan sejarah singkat perjuangan Raja Haji Fisabilillah oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram. Tak hanya itu, acara tersebut juga dikemas dengan berbagai paggelaran seni dan budaya, seperti pembacaan Gurindam 12, tarian melayu, musik melayu, serta nyanyian.

Acara itu, dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul beserta istri Juariah Syahrul. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, beserta istri Ersa Famella, Ketua LAM, Ketua DPRD,beserta anggota DPRD, unsur Pimpinan FKPD, Pjb. Bupati Bintan, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah, PNS serta Honorer dilingkungan Pemko Tanjungpinang. (AFRIZAL).

Komentar