Program Mengaji, Walikota Tanjungpinang Sampaikan Apresiasi Pada SMP 5 Khatam Alqur’an

Tanjungpinang332 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan prestasinya kepada SMP 5 telah berhasil melaksanakan kegiatan Alqur’an dalam Program wajib mengaji, Jumat (3/2) 2017.

Program wajib mengaji yang digalakkan Pemerintah Kota Tanjungpinang, bagi sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Tanjungpinang berbuah hasil.

Seperti di SMP Negeri 5 Tanjungpinang, telah berhasil melakukan Khatam Al-Qur’an bagi peserta didiknya yang telah tamat mengaji.

” Khataman Al-Qur’an ini adalah sebuah prestasi yang patut diapresiasi, mudah-mudahan kegiatan ini dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah yang lain,” kata Lis.

Berjalannya program mengaji ini, kata Lis, diharapkan tidak ada lagi generasi di Kota ini yang buta Al-Qur’an.

“Dan melalui program ini, dapat menjadi tonggak untuk melahirkan generasi yang berakhlak dan memahami Al-Qur’an. Kedepan mereka akan menjadi Qori dan Qoriah terbaik sebagai aset yang dimiliki Kota Tanjungpinang, Provinsi maupun Nasional,” ucap Lis.

Bahkan Lis menginginkan setelah khatam Al-Qur’an ini, ia ingin anak-anak tersebut terus diberi pembinaan untuk meningkatkan seni bacaan Al-Qur’an.

“Membina generasi penerus merupakan tanggungjawab kita bersama, peran serta pemerintah, guru, serta orangtua sangat diperlukan, apalagi dengan tantangan generasi yang semakin maju saat ini. Memberi pendidikan agama dan Al-Qur’an kepada mereka mempunyai nilai yang paling mendasar bagi kehidupan anak-anak kita di masa yang akan datang,” kata Lis.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang HZ. Dadang, AG menjelaskan meski baru berjalan selama 6 bulan, program wajib mengaji yang dicanangkan pemerintah, telah menunjukkan hasil yang nyata.

“Hal itu bisa kita lihat dari siswa-siswi yang melakukan khatam Al-Qur’an pada hari ini,” kata Dadang.

Lanjut dikatakan Dadang, program mengaji tidak saja untuk menamatkan mengaji anak-anak semata, tetapi bisa memberi manfaat dan berguna bagi peserta didik untuk meningkatkan nilai-nilai moral dan akhlak melalui penghayatan isi kandungan Al-Qur’an.

“Oleh karenanya, adanya kerjasama dari orang tua murid, untuk mendukung program pemerintah dan membina generasai yang berakhlak dan menjadi insan yang Qur’ani,” ucap Dadang.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 5 Tanjungpinang, Yulismar, menerangkan khatam Al-Qur’an ini yang dilakukannya, sebagai bentuk motivasi untuk peserta didik agar sungguh-sungguh melaksanakan program mengaji yang dilaksanakan sejak awal tahun pelajaran.

“Program mengajai telah kita terapkan sejak awal tahun pelajaran 2016/2017. Kita laksanakan selama 3 kali seminggu 15 menit sebelum memulai pelajaran. Kemudian dari 671 siswa-siswi, sebanyak 90 siswa yang terdaftar pada November lalu, yang masuk seleksi hanya sebanyak 36 peserta didik yang memenuhi syarat untuk mengikuti khataman pada hari,” katanya.

Namun sebelum dilaksanakan proses khatam Al-Qur’an, kata dia, peserta melakukan pawai ta’aruf.

Khatam Qur’an yang dilaksanakan peserta diberikan sertifikat, yang diserahkan langsung oleh Walikota didampingi, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Bukit Bestari, Faisal Pahlevi, S. STP, Kepala Sekola, Orangtua murid, serta pengawas sekolah. (AFRIZAL).

Komentar