Nurdin Promosikan Potensi Anambas

TANJUNGPINANG, Tuah Kepri – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri berupaya untuk terus mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Anambas, khususnya pariwisata.

Dikatakan Nurdin, Kepulauan Anambas memiliki potensi yang besar baik itu di bidang pariwisata ataupun sektor perikanan. Untuk itulah, Ia merasa bahwa keberadaan pembangunan infrstruktur yang memadai sangat penting, baik jalan, bandara maupun pelabuhan.

17-16 maret 17 gubernur terus promosikan anambas

“Kita akan usulkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata untuk Natuna dan Anambas,” kata Nurdin seusai melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Anambas, Selasa-Rabu, (14-15/3).

Sementara itu, untuk pembangunan infrastruktur, Pemprov akan terus berkoordinasi dan melakukan singkronisasi dengan Pemkab dan Pemerintah Pusat. Pihaknya bersyukur karena semangat pemerintahan sekarang membangun dari pinggiran menyentuh sejumlah daerah di Kepri, termasuk Natuna dan Anambas.

Dalam kunjungan itu, Gubernur melakukan peninjauan ke Bandar Udara Letung yang terus menuju selesai 100 persen. Saat ini runway di bandara ini sudah selesai 1.200 meter. Tahun ini ada pengerjaan sehingga selesai 1.430 meter. Meski begitu, mulai Rabu (15/3) maskapai Susi Air sudah melakukan penerbangan komersial dari Tanjungpinang setiap pekan.

Nurdin pun berharap runwaynya bisa sampai 2.200 meter. Jika sudah sepanjang ini, semakin sedap menjual Anambas yang potensi wisatanya sangat besar. “Sekarang saja, untuk Pulau Bawah, yatch-yatch sudah mulai berdatangan,” ujar Nurdin

Jika akses dan infrastruktur penghubungnya telah ada, bisa dari Batam, Tanjungpinang, Singapura ataupun dari Pulau Tioman penerbangannya.¬† Apalagi ditambah alam yang bagus, akan sangat mahal kalau dijual. “Kalau kita kelola dengan baik, semuanya akan semakin bagus, apalagi suasananya kondusif,” kata Nurdin.

Nurdin yakin, pariwisata akan memberi dampak ekonomi yang besar dan langsung kepada masyarakat. Karena itu, keunggulan pariwisata yang sudah ada di Anambas harus dipromosikan ke dunia luar. “Kita harus menggerakkan sumber-sumber ekonomi yang potensial dan yang ada,” katanya.

Nurdin bersyukur tiap daerah di Kepri punya keunggulan masing-masing. Selain wisata, potensi perikanan di Anambas juga harus dimaksimalkan.

Menurut dia, kunjungan ke daerah-daerah ini sangat penting dilakukan. Di lapangan, segala kendala yang ditemukan bisa cepat dicarikan solusinya. “Karena sekali lihat, kita bisa eksekusi penyelesaiannya,” ujarnya.

Selain meninjau bandara, Nurdin juga melihat langsung pantai Padang Melang. Pantai dengan panjang lebih dari 8 kilometer ini memang begitu mempesona. Pasir putih terhampar luas. Karena itu, Gubernur yakin, pariwisata Anambas akan terus bergerak maju.

“Dukungan semua pihak, dukungan masyarakat sangat penting untuk ini,” kata Nurdin.

Sementara itu, Tokoh masyarakat yang juga Ketua Kadin Kota Tanjungpinang Boby Jayanto yang juga ikut meninjau Anambas mengatakan bahwa pihaknya selaku pengusaha sangat tertarik melihat keindahan alam yang ada di Kabupaten  Anambas.

“Yang terpenting adanya lahan, dan lahan tersebut tak bermasalah . Saya akan bawa beberapa investor asing kesini untuk menanamkan modalnya dibidang pariwisata,” ujar Boby.

Namun, pastinya lanjut Boby yang paling penting adalah tanah yang ada bebas dari kepemilikan. Karena ada seperti yang dilihat tadi tanah yang diperuntukkan untuk wakaf. “Jika persoalan lahan dan tanah clear saya yakin, akan banyak investor yang akan menanamkan modal ke pulau ini,” ujar Boby.(red)

Komentar