Matahari Ilusi Menawarkan Desa Wisata

Tidak ada komentar 271 views

 

DIAN FADILLAH, S.Sos Pemerhati Sosial Jalan Jalan Pimpinan Sangar Lembayung Kepri.

                 DIAN FADILLAH, S.Sos
       Pemerhati Sosial Jalan Jalan Pimpinan             Sangar Lembayung Kepri.

OPINI – Ilusi Mimpi ada Desa Wisata … itulah mimpiku semalam. Suatu mimpi
yang membingungkan sekaligus menggembirakan. Membingungkan,
karena lokasi masih di awang awang dan menggembirakan, karena pasti
merupakan destinasi yang di hunting setiap wisatawan saat ini mengensankan sekaligus memberikan banyak manfaat.
Mimpi adanya sebuah Desa yang sangat elok pemandangannya dan kesegarannya harus ditunjang fasilitas pendukung, sehingga membuat daerah itu menjadi teruji kemampuannya.

Banyak yang beranggapan itu hanya ilusi di siang hari. Menurut Karl Marx agama hanya matahari ilusi yang berputar disekitar manusia, selama dia tidak berputar di sekitar dirinya. Suatu nilai kemampuan berilusi sebagai dasar penyemangat hidup, meskipun terkadang mungkin akan terjadi kehampaan akhir perjalanan menuju predikat Desa Wisata.

Mimpi adanya sebuah Desa Wisata di dekat rumahku, di Kota kecilku, di Provinsiku yang dapat memberikan
semangat baru dalam rangka menghilangkan stress dari keseharian. Desa sebagai destinasi baru dengan konsep inovasi dan kreasi dalam memperkenalkan panorama keelokan alam terpelihara terkini. Sebuah lokasi yang lumayan jauh dari kebisiingan kota dengan keasrian wilayahnya, lengkap dengan fasilitas pendukung yang diharapkan.

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku di masyarakat. Keterikatan masyarakat sebagai komunitas dasar sebuah desa wisata, tentunya merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dalam memunculkan sebuah inovasi paket produk dalam kemasan obyek wisata.

Potensi pendapatan yang besar dari desa yang ditunjuk/ditetapkan sebagai desa wisata secara sadar, akan memberikan dorongan kuat dari pemerintah mengembangkan potensi wisata. Pengembangan yang akan membuat banyak desa-desa yang secara semangat penuh berduyun-duyun mengembangkan potensi asli wisata desa yang memiliki persyaratan sbb :

1. Harus memiliki obyek-byek wisata yang menarik.
2. Kerjasama kooperatif masyarakat dan pemerintah mendukung sepenuhnya
3. Adanya Fasilitas pendukung komunikasi dan kebutuhan akomodasi lainnya.

Seperti Desa Wisata Pinge merupakan salah satu desa terindah di Bali. Pemandangan khasnya seperti persawahan yang berundak-undak pegunungan yang beruntai serta hutan yang hijau merupakan menu.

Pemandangan alam yang sangat memikat hati sebagaimana Desa Jatiluwuh yang memiliki udara sejuk, karena secara geografis berada di ketinggian 500 meter diatas permukaan laut, termasuk peninggalan arkeologi adanya Pura Natar Jemeng sudah duluan dinobatkan menjadi Desa Wisata.

Pemerintah dengan power leadership daerah memberikan stimulus agar terciptanya keutuhan sebuah desa wisata, agar dapat melengkapi hasil kerja keras dengan memasukkannya ke dalam keunggunaln daerah sector pariwisata, diiringi dengan melengkapi kekuraungan serta konsisten menyadarkan masyarakat akan pentingnya tanggungjawab.

Secara bersama konsisten dalam aktivitas desa wisata secara keseharian, agar menjadi daya tarik khusus untuk wisatawan local, nusantara sampai mancanegara.

Intinya adalah bahwa segala yang menyangkut kebutuhan wisatawan haruslah diatur agar tidak mendatangkan kekecewaan. Sekarang pertanyaan kita kembalikan pada diri kita semua, Apakah desa Anda sudah memenuhi berbagai persyaratan menjadi Dewa Wisata ? apabila sudah atau belum, maka sarannya adalah segeralah berbenah.

Konsep Usaha Desa wisata yang
suci dari untuk dan bagi masyarakat hendaknya dapat disikapi secara
baik, bagi semua pihak termasuk Desa yang lain yang bukan sebagai Desa wisata.Jangan sampai ada pihak yang meramunya menjadi muatan politik sehingga niat baik dan tulus ini akan merusak niat lanjutannya.

Selalulah mendukung melakukan gerakan kebaikan di tanah melayu dengan pertimbangan agar kejadian ini tidak terulang lagi, dengan memberikan sanksi tegas di kemudain hari. Apakah itu sanksi pencabutan dan penutupan. Tindakan yang dilakukan harus dimusyrawarahkan kembali dengan semua pihak, karena memilki prospek yang bagus mengingat layanan diberikan pada pelanggan termasuk pengunjuung secara rutin, maksimal dan terbaik tentunya Ilusi ini bukan sebagai matahari kembar yang hampa, tapi akan dapat direalisasikan sebagai ujung tombak keuntungan yang berlimpah bagi masyarakat saat ini dan anak cucu kita nanti dalam keangka The Spirit of Asia.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Matahari Ilusi Menawarkan Desa Wisata"