M Apriyandi Dihukum 5 Bulan

Tidak ada komentar 260 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri – M Apriyandi, Caleg DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai Gerindra, terdakwa pelanggaran pemilu 2019 money politik atau politik uang, divonis 5 bulan penjara dan denda Rp 24 juta subsider 1 bulan kurungan
dengan masa percobaan 10 bulan.

Putusan tersebut dibacakan oleh ketua Majelis  Acep Sopian Sauri  yang didampingi Majelis Hakim anggota Eduart P Sihaloho dan Santonius Tambunan, di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Senin (24/6/2019) siang.

Ketua majlis hakim mengatakan, caleg partai Gerindra itu terbukti secara sah menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye pemilu secara bersama-sama.

Hakim mengatakan, perbuatan terdakwa melanggar pasal 523 ayat 1 Jo Pasal 280 ayat 1 huruf J Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 e KUHP.

Hal yang memberatkan, terdakwa telah mencederai pesta demokrasi dan terdakwa tidak memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

“Dan terdakwa juga terbukti sebagai pelaksana, peserta, dan atau tim kampanye Pemilu yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye secara langsung ataupun tidak langsung,” katanya.

Namun hal yang meringankan, kata ketua Majelis Hakim, terdakwa koperatif selama persidangan, sopan, belum pernah dihukum dan terdakwa merupakan orang tua tunggal.

Putusan tersebut lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum Zaldi Akri. Terdakwa yang sebelumnya dituntut tiga bulan penjara.

Terdakwa dalam putusan tersebut didampingi penasehat hukumnya diberi kesempatan untuk banding.

“Silahkan terdakwa menyatakan banding dan hak terdakwa dan kami beri waktu selama tiga hari. Apabila terdakwa tidak memberikan jawaban, maka dianggap menerima,” kata Hakim.

Namun terdakwa dalam petlrsidangan tersebut yang didampingi kuasa hukum mengatakan pikir-pikir dulu. “Saya pikir-pikir, dulu” kata terdakwa  dalam persidangan. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "M Apriyandi Dihukum 5 Bulan"