KPU Kepri Tetapkan Paslon SINERGI Nomor Urut 1, INSANI 2 dan AMAN 3

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada Pilkada 2020, melaksanakan pencabutan nomor urut pada rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Kamis (24/9/2020) di Hotel CK Tanjungpinang.

Pengundian diawali dengan pengambilan nomor urut untuk mencabut nomor pasangan calon oleh para calon Wakil Gubernur.

Selanjutnya kemudian melakukan pengambilan nomor pasangan calon sesuai nomor urut yang telah dicabut oleh para calon Gubernur.

Hasilnya pasangan Muhammad Soerya Respationo dan Iman Sutiawan (SInergi) mendapatkan nomor urut 1, kemudian Isdianto dan Suryani (Insani) nomor urut 2 dan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina (Aman) nomor urut 3.

Pengambilan nomor urut dilakukan di hadapan Ketua dan Komisioner KPU Kepri dan Bawaslu Kepri.

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko sebelumnya mengatakan, pengundian nomor urut paslon hari ini, Kamis 24 September, akan berjalan tidak seperti biasanya, tidak seperti pemilihan serentak atau pilkada sebelumnya. Semua demi mencegah penyebaran Covid-19.

Peserta yang hadir katanya, hanya
pasangan calon, perwakilan Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai tingkatan sebanyak 2 orang. Kemudian penghubung pasangan calon sebanyak 1 orang dan anggota KPU Provinsi sebanyak 5 atau 7 orang sesuai jumlah komisioner atau KPU Kabupaten/Kota sejumlah 5 orang.

“Mohon maaf, pagi ini kami harus meralat undangan. Batal mengundang pihak partai politik, pimpinan sejumlah institusi di Kepulauan Riau dan pimpinan sejumlah instansi vertikal (FKPD) yang sangat kami hormati,” kata Priyo.

Keputusan ini mengikuti PKPU 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Alam Covid-19. Khususnya Pasal 55 sebagaimana telah dijelaskan di atas.

“Mengapa terkesan mendadak saat undangan sudah tersebar? Karena PKPU 13 Tahun 2020 memang baru diundangkan Rabu, 23 September 2020 dan diedarkan ke daerah dini hari tadi. Sejak awal kami KPU sudah menyediakan fasilitas live streaming melalui akun facebook Kpu Provinsi Kepri,” ucapnya. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KPU Kepri Tetapkan Paslon SINERGI Nomor Urut 1, INSANI 2 dan AMAN 3"