Kesbangpol Tanjungpinang Gelar TTG Tahun 2016

Tanjungpinang297 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri –

Badan Kesbangpol Pemnas Kota Tanjungpinang, menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tanjungpinang Tahun 2016. Hal ini digelar dalam upaya menciptakan teknologi ramah lingkungan, yang dapat dipelihara serta dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Sabtu pagi (30/4).

Pelaksaan TTG ini langsung dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Sabtu pagi (30/4).

Lis mengatakan, dalam rangka efesiensi, efektifitas nilai tambahan dan mutu hasil produksi kegiatan masyarakat, perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna.

“Melalui Inovasi TTG, di harapkan agar melahirkan suatu inovasi yang dibutuhkan masyarakat dan sesuai dengan lingkungan wilayah Kota Tanjungpinang, yang mengedepankan kemaritiman. Bahkan nantinya inovasi ini juga diharapkan, dapat menyelesaikan masalah di Kota Tanjungpinang. Seperti masalah persampahan dan inovasi yang memiliki unsur-unsur kemaritiman,”, kata Lis.

Kedepanya, kata Lis, pelaksanaan Inovasi Teknologi Tepat Guna ini, dapat lebih baik lagi dan mewajibkan seluruh sekolah dan universitas untuk mengikuti Inovasi TTG, yang nantinya diharapkan dapat memiliki lebih banyak memunculkan Inovasi TTG yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pihak Pemerintah melalui dinas terkait, akan siap untuk membantu dalam pengembangan Inovasi TTG yang dapat dimanfaatkan dilingkungan masyarakat, ” ujar Lis.

Selain itu Lis menyampaikan, jika sekolah yang memiliki kreatifitas, kemampuan dalam menciptakan suatu inovasi teknologi dan tidak memiliki pembiyayaan, maka pemerintah siap membantu. Akan tetapi, teknologi ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan masyarakat.

“Saya berpesan, agar jangan pernah putus berkreatifitas dan menyerah dalam berinovasi. Selanjutnya harus dapat memberikan inovasi yang dapat berguna dan di pelihara dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, serta teknologi yang ramah dengan lingkungan,” ucap Lis.

Sebelumnya, ketua pelaksanaan Inovasi TTG Kota Tanjungpinang Wan Kamar, yang juga sebagai Kepala Badan Kesbangpol Pemnas menjelaskan ,peserta yang telah lulus dalam seleksi administrasi sebanyak 15 orang dan nantinya yang akan diikutkan dalam Lomba TTG di tingkat Provinsi, yang terdiri dari juara I, II, dan III di tingkat Kota Tanjungpinang.

Dan selanjutnya juara di tingkat Provinsi, katanya akan diikutsertakan pada Gelar TTG Nasional XVIII Tahun 2016 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada pelaksanaan Inovasi TTG ini, juga turut dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala BPMD Provinsi Kepulauan Riau, jajaran SKPD di lingkungan Kota Tanjungpinang, serta Kepala SMU dan SMK Se-Kota Tanjungpinang.

Selanjutnya Walikota Tanjungpinang, meninjau langsung stand Inovasi TTG bersama tamu undangan, dan Lis sangat mengapresiasi hasil Inovasi peserta TTG. (AFRIZAL).

Komentar