oleh

Hari Jadi Tanjungpinang Ke 233, Walikota Ziarah Ke Makam Perjuangan Melayu


Tanjungpinang, Tuah Kepri – Sempena memperingati hari jadi Tanjungpinang ke 233 tahun, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah bersama unsur Muspida lainya, berziarah ke Makam Pejuang Melayu, Kamis (5/1/17).

Ziarah makam dimulai dari Makam Sultan Sulaiman di Melayu Kota Piring, Makam Daeng Marewah di Sungai Carang dilanjutkan ke makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah dan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat.

Pada ziarah makam tersebut dilakukan prosesi tabur bunga dan siram air serta menggnti kain nisan, selanjutnya pembacaan Tahlil dan doa.

Bila dilihat dari peristiwa sebelumnya puncak perjuangan Raja Haji bersama pasukannya, yang berhasil menenggelamkan kapal komando terbesar Belanda ” Malakas Walfaren ” dengan menewaskan 500 personil Belanda pada tanggal 6 Januari 1784 silam, menjadi sejarah kemenangan pasukan Raja Haji Fisabilillah mengusir mundur pasukan Belanda dari perairan Riau.

Peristiwa kemenangan Kerajaan Melayu Riau kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Tanjungpinang.Maka itu, peringatan hari lahir itu diawali Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, jajaran FKPD, SKPD, Ketua LAM, serta tokoh masyarakat dengan melakukan ziarah ke makam pejuang Melayu yang ada di Tanjungpinang.

Lis mengatakan bahwa, ziarah makam ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya dalam rangka hari jadi Tanjungpinang.

” Nyekar ke makam para pejuang Melayu ini kita lakukan, sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus mengenang para pejuang kerajaan Melayu,” kata Lis, saat di wawancarai awak media di Pulau Penyengat.

Dikatakan Lis, kedepan Pemko akan berupaya membenahi dan menata kembali makam-makam Raja yang telah mengukir sejarah di Tanjungpinang,

” Makam ini nantinya akan kita tata dengan baik, sebagai destinasi wisata religi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Usai ziarah makam, Walikota beserta rombongan sholat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan acara makan bersama di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

Untuk acara puncak hari jadi Tanjungpinang akan dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani pada 6 Januari 2017 pukul 19.30. Untuk rangkaian kegiatan itu akan diisi dengan berbagai macam acara hiburan dan seni budaya. (AFRIZAL).

Komentar