oleh

Harga Cabe Merah Makin Pedas Capai Rp70 Per kg Di Tanjungpinang

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Cabe merah keriting dari pulau Jawa yang dijual pedagang Tradisional Kota Tanjungpinang kepada , saat ini Kamis (13/10) harganya makin pedas dan melambung mencapai Rp70 ribu perkg.

Akbatnya, para ibu rumah tangga sedikit mengeluh, karena mereka yang sering belanja ke pasar. Dan juga bahan sayuran seperti cabe merah keriting ini, merupakan kebutuhan makanan penyedap rasa pembuka selera, bagi yang pecinta makanan pedas.

May, ibu rumah tangga yang biasa belanja ke pasar mengatakan, harga cabe merah asal jawa sekarang mahal yang dijual dipasar Tanjungpinang.

“Memang benar harga cabe merah sekarang tambah mahal dan tak pernah turun. Dari awal bulan Oktober harganya sudah mulai naik. Dan hingga sekarang pertengahan bulan, harganya sudah mencapai Rp70 ribu per kg. Mau tak mau kita harus beli, karena makan tanpa cabe tidak enak,” kata May Kamis (13/10).

Namun saat dihubungi media ini salah satu pedagang sayuran di Pasar Tradisional Tanjungpinang, Atak, membenarkan harga cabe merah keriting asal Jawa mencapai Rp70 ribu per kg.

“Memang benar pak, harga cabe merah asal Jawa yang kami jual tetap masih tinggi, yaitu sekitar Rp 70 ribu perkg. Dan naiknya semenjak awal Oktober 2016 dan harganya awal bulan tersebut masih sekitar Rp50 ribu an per kg,” kata Atak.

Dengan naiknya acara bertahap, artinya selama setengah bulan di Bulan Oktober 2016 ini, naiknya mencapai Rp20 ribu per kg.

“Tapi naiknya harga cabe merah keriting ini, bukan lap_20161013_092922_1-640x401ngsung naik Rp 20 ribu per kg. Karena naiknya harga cabe merah ini secara bertahap, dan naiknya turunnya harga cabe merah dari Jawa tergantung agen dari Jawa tempat kita memesannya, “ucap Atak.

Dampak kenaikan harga cabe merah keriting asal Jawa ini, berdampak terhadap omset pendapatan penjualan pedagang sayuran.

“Hampir sekitar 50 persen turun pendapatan kita. Biasa pembeli membeli sekitar 1 kg, sekarang hanya membeli 1/4 kg, karena harganya mahal. Belum lagi kalau cabenya busuk, kamipun rugi dan otomatis tidak bisa kita jual,” katanya.

Sementara harga sayur lainya, sambung Atak seperti bawang merah Jawa, India, Birma, masih normal. Bawang merah Jawa Rp22.000 per kg, bawang India Rp10.000 per kg dan bawang Birma Rp13.000 per kg. Tapi untuk harga cabe rawit naik.

“Dari harga 32 ribu per kg Rabu (12/10) kemarin, sekarang Kamis (13/10) harganya sudah Rp34 ribu per kg. Tapi naiknya hanya sekitar Rp2.000 per kg,” ucapnya Atak.  (AFRIZAL).

Komentar