Harga Cabe Merah Di Tanjungpinang Turun Rp4.000 Perkg

Ekonomi175 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Harga cabe merah keriting yang dijual di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mulai turun mencapai Rp4.000 per kg.teguh-susanto_1-640x497

“Dari harga jual Rp88.000 per kg, dan sekarang Kamis (10/11) mulai turun harga Rp84.000 per kg. Dan harga cabe merah di Tanjungpinang sempat memuncak diharga Rp88.000 per kg beberapa waktu lalu,” kata Kabid Perdagangan Kota Tanjungpinang Teguh Susanto.

Turunnya harga cabe merah di Tanjungpinang, menurut Teguh, dipengaruhi beberapa faktor di antaranya, harga komoditas tersebut di daerah penghasil mengalami penurunan.

“Informasinya untuk harga cabe di daerah penghasil seperti Yogyakarta juga sudah mulai turun, sehingga berpengaruh terhadap harga di daerah lain seperti Tanjungpinang yang pasokan cabe nya berasal dari Yogyakarta,” kata Teguh.

Kemudian faktor lainnya kata Teguh, adalah persediaan cabe merah sebagai komoditas pangan semakin banyak di daerah. Sehingga berpotensi turun harga cabe di pasar.

Selain itu, sambung Teguh, di sisi lain minat pembeli juga melemah. Sehingga penjual tidak berani sembarangan menaikkan harga cabe, dengan pertimbangan untuk rugi dan persaingan bisnis sesamapedagang.

“Kami berharap harga cabe merah bisa terus turun, tapi perubahan harga tidak bisa diprediksi dan diramalkan kapan akan turun dan naik kembali,” ucap Teguh.  (AFRIZAL).

Komentar