oleh

DP3 Tanjungpinang Lounching Uji Coba Aplikasi E Commerce ‘Gerai Tani’e’

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI – Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, melounching uji coba Aplikasi e Commerce “Gerai Tani’e” pasar online di Kota Tanjungpinang.

Kepala DP3 Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri menjelaskan, aplikasi e Commerce Gerai Tani’e merupakan aplikasi pasar online.

“Aplikasi ini tujuannya untuk membantu memasarkan hasil produksi pertanian di Kota Tanjungpinang, “kata Yoni, Senin (14/11/2022) di. kantor DP3 Kota Tanjungpinang.

Selain membantu memasarkan hasil produksi pertanian, kata Yoni, Dinas DP3 Kota Tanjungpinang juga berperan melakukan pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui penyuluh penyuluh Dinas DP3 Kota Tanjungpinang dan BPTP.

“Dengan adanya uji coba aplikasi ini, tentunya juga dapat membantu KWT memasarkan hasil pertaniannya, disamping kita juga memiliki pasar ofline yaitu di Gerai Pangan Hanglekir, “kata Yoni Fadri.

Bahkan selain pembinaan, kata Yon, Dinas DP3 Kota Tanjungpinang juga mengadakan pelatihan pelatihan bagaimana cara menanam, menyemai, perawatan dan sampai cara panen.

Lounching uji coba Aplikasi E Commerce “Gerai Tani’e diluncurkan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, di kantor DP3 Kota Tanjungpinang, yang dihadiri oleh Tujuh KWT baru dan pengurus Koperasi Pangan Sejahtera Bersama.

” 7 KWT baru tersebut masing masing diutus 2 orang untuk mewakilinya. Diantaranya, 2 KWT dari Kelurahan Senggarang, dua orang dari Kelurahan batu sembilan, satu Kelurahan Pinang Kencana, satu Kelurahan Dompak dan satu Kelurahan Tanjungayun sakti, ” ucapnya.

Kemudian masing masing KWT pada kesempatan tersebut menandatangani Momerandum bersama kepala Dinas DP3 Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri.

Penandatangan ini merupakan komitmen dalam peningkatan produksi hasil pertanian, dan untuk mendukung ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang.

Kemudian untuk mendukung uji coba aplikasi tersebut, sebelumnya Dinas DP3 Kota Tanjungpinang, sudah melaksanakan Pogram Geliga Pangan dan pogram ini sangat berhubungan dengan apkiasi E Commerce “Gerai Tani’e”.

“Melalui program Geliga Pangan, DP3 Kota Tanjungpinang sudah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian melalui KWT, ” ucap Yoni.

Karena dikatakan Yoni, Pogram Geliga Pangan itu ada dua. Pertama yaitu Pogram pemberdayaan awak KWT dalam memamfatkan perkarangan rumah untuk meningkatkan hasil produksi. Kedua akses pasarnya ada dipangan,  melalui berbasis teknologi dan informasi, dan aplikasi E Commerce “Gerai Tani’e” sangat mendukung.

“Dengan adanya aplikasi Gerai Tani’e diharapkan petani mempunyai jangkauan yang luas lagi, untuk memasaran hasil pertaniannya, ” kata Yoni Fadri. (ZAL).

Komentar