oleh

Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI AL

LINGGA, TUAHKEPRI – Komandan Lanal Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro bertindak memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut, di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo Singkep,Senin (12/9/2022).

HUT Ke-77 TNI AL tersebut dihadiri oleh Danpuslatpur Mar 9 Dabo Singkep Mayor Mar Adid Kurniawan Wicaksono, Palaksa Lanal Dabo Singkep Mayor Mar Saul Jamlaay dan Para perwira Staf beserta Perwira Staf Lanal serta Puslatpurmar 9 Dabo Singkep.

Tahun ini merupakan tahun pertama TNI AL merayakan HUT setelah dua tahun vacum karena pandemi COVID-19.

Pada upacara tersebut Danlanal DBS berkesempatan membacakan amanat tertulis dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang dibacakan oleh Danlanal DBS disampaikan bahwa, dalam sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan Bangsa dan Negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Mulai dari pendaratan Pasukan Marinir di Selat Bali, Pertempuran Laut Aru, hingga Pertempuran di Laut Cirebon, merupakan fakta sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara.

Kasal juga menegaska, bahwa untuk merespon tantangan yang dihadapi saat ini, TNI Angkatan Laut melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur alutsista dengan upaya moderenisasi diiringi dengan pemenuhan senjata dan amunisi, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu.

Laksamana TNI Yudo Margono juga mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak mudah, karenanya membutuhkan sumber daya manusia, dalam hal ini prajurit yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat.

“Untuk itu, TNI Angkatan Laut selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan angkatan laut ke depan. Karena tuntutan akan keunggulan Sumber daya manusia ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar, ” kata Kasal.

Usai upacara, Lanal DBS juga menggelar acara syukuran berupa pemotongan tumpeng yang berlangsung di Shelter kendaraan Lanal DBS. Yang menarik ditengah-tengah acara syukuran, Polres Lingga dipimpin Kapolres bersama perwira staf menyambangi Lanal DBS dengan memberikan ucapan selamat HUT Ke-77 TNI AL kepada Danlanal DBS serta Danpuslatpur Mar 9 DBS

Sebelumnya, dalam rangkaian menyambut HUT TNI AL ke 77 Lanal DBS telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Gerakan Nasional Laut Bersih, Ketahanan Pangan Penanaman Bibit Sorgum dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dabo Singkep. (Pen Lanal DBS/ DL).

Komentar