Bapetarum Sosialisasikan Rumah Subsidi Pada ASN Pemko Tanjungpinang

Tanjungpinang221 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri –  Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tanjungpinang, mendapatkan sosialisasi dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) tentang program sejuta rumah yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, dengan adanya sosialisasi dari Bapertarum, ia mengapresiasi Korpri atas kepeduliannya kepada ASN dilingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Melalui Bapertarum yang bekerjasama dengan PT. Sinar Bahagia Grup, akan memberi kemudahan bagi ASN Pemko Tanjungpinang untuk memiliki rumah,” kata Lis dan juga memberikan ucapan selamat kepada ASN yang berulang tahun di bulan September sekalian melakukan tumpeng, di Aula Lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang, Selasa (18/9).

Dengan dicanangkan program rumah subsidi ini, Walikota ingin ASN bisa memanfaatkannya, supaya pada masa pensiun nanti bapak/ibu sudah memiliki rumah sendiri, terutama bagi ASN yang hingga hari ini masih menyewa.

” Program rumah subsidi ini adalah solusi bagi bapak/ibu yang ingin membeli rumah, jadi manfaatkanlah layanan dari Bapertarum ini,” ucapnya.

Lis menambahkan, dengan momentum perayaan ulang tahun ini sangat penting untuk mempererat silaturahim dan rasa kebersamaan diantara ASN Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Khususnya semangat kita bersama dalam bekerja. Mudah-mudahan keluarga besar Pemko Tanjungpinang selalu kompak dan saling berbagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Devisi III Bapertarum, Totok menjelaskan Bapertarum berdiri atas dasar gotong royong dari seluruh ASN.

Program rumah subsidi ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2015. tentang Tabungan Perumahan Rakyat.

” Dimana dalam Undang-Undang ini Bapertarum akan berafiliasi seperti PT. Askes yang berafiliasi menjadi BPJS Kesehatan,” katanya.

Lanjut dikatakannya, Bapertarum bertujuan untuk membantu ASN dalam hal uang muka KPR dan memberi sebagian upah tukang yang akan membangun rumah di atas tanah sendiri.

Syarat yang ditetapkan untuk program rumah subsidi ini adalah, PNS aktif yang sudah bekerja selama 5 tahun dan belum memiliki rumah, serta PNS yang secara aktif tidak memanfaatkan program ini akan diberikan pengembalian tabungan pada saat pensiun.

Untuk penyediaan perumahan ini nantinya, tentu perlu bersinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Bapertarum melalui PT. Sinar Bahagia Grup memiliki fungsi sebagai developer, dan memberikan bantuan uang muka KPR kepada ASN yang ingin memiliki rumah.

Karena itu, katanya, PT. Sinar Bahagia Grup dipercaya menjadi developer sekaligus mempromosikan rumah subsidi ini kepada ASN Pemko Tanjungpinang.

“Untuk Lokasi perumahan yang di bangun PT. Sinar Bahagia Grup beada di Jalan W.R Supratman, Km.18 yaitu Perumahan Permata Galaxy, ” ucapnya

Dari data yang tercatat di BKN, sambung Totok, ASN Pemko Tanjungpinang yang belum memiliki rumah sebanyak 766 ASN, sedangkan ASN Provinsi Kepri secara keseluruhan terdapat 6.254 ASN.

“Berdasarkan peraturan Pemerintah, harga rumah di wilayah Kepri senilai Rp129 Juta per unit, dan tahun mendatang senilai Rp. 136 Juta/unit. Rumah subsidi luas tanah minimal 60 meter dan luas bangunan 36 meter,” ujarnya. (AFRIZAL).

Komentar