oleh

Anggota DPD RI Dr Ricard H Pasaribu Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Dabosingkep

LINGGA, TUAHKEPRI – Anggota Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dr. Ricard H Pasaribu memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat dan pemuda dari berbagai Kecamatan yang berada di wilayah Dabo Singkep Provinsi Kepri, di One Hotel Dabo Singkep, Kabupaten Lingga,Sabtu (24/9/2022).

Adapun kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut di awali bersama dengan lantunan lagu indonesia raya, dan lanjuti sebagai penyampai’an langsung oleh Dr. Ricard H Pasaribu, yang di hadiri, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dari berbagai Kecamatan yang berada di wilayah Dabo Singkep.

Adapun tujuan dari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut, untuk memberikan pembelajaran agar lebih mengenal apa itu Pancasila dan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat, khususnya di Kabupaten lingga.

“Isi dari Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Pancasila juga sebagai Ideologi Negara, seperti Pancasila sendiri berasal dari dua kata Sansekerta, yakni Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa. Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf Ke-4 Pembukaan Undang–Undang Dasar (UUD) 1945.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai keanekaragaman, budaya, ras suku, dan bangsa. Dasar ideologi juga fundamen filsafat pikiran, juga pandangan hidup pemersatu bangsa,” katanya.

Ricard H Pasaribu juga mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat Dabosingkep dari berbagai Kecamatan yang hadir dan begitu juga kepada semua Tohmas, yang sudah menyempatkan diri untuk menghadiri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Acara ditutup dengan pembagian Sertifikat Perserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, diringi dengan saling bersalaman dan foto bersama. (R/DL).

Komentar