oleh

50 Persen Wisata Bahari Indonesia di Sumbang Oleh Kepri


Tanjungpinang, Tuah Kepri – Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan 50 persen wisata bahari Indonesia disumbang dari Provinsi Kepri.

” Yaitu dari kapal layar Yacht pada Festival Bahari Sail Selat Karimata pada 2016 lalu. Khusus di Kepri ada sekitar 750 kapal Yarch dengan jumlahnya total seluruhnya di Indonesia 1.500 kapal Yarch,” kata Menteri setelah membuka Rakor Pariwisata Se-Provinsi Kepri Tahun 2017 dengan tema “Kepri Gerbang Wisata Bahari Indonesia, Senin (3/4).

Menpar mengatakan, ada tiga topik yang akan dibahas dalam rakor Kepri menjadi Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

“Yaitu wisata pantai, wisata bentang laut dan wisata bawah laut. Dan khusus di Kepri yaitu wisata bentang laut yang mengunakan kapal Yatch dan khusus diKepri akan kita tetapkan event Festival Bahari yang akan dilaksanakan setiap Oktober,” ucap Arif.

Di ditetapkannya Kepri Gerbang Wisata Bahari Indonesia, ucap Arif, untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara, tentunya dengan menciptakan deatinasi baru yang memaksimalkan potensi kekayaan bahari Kepri mejadi playground bahari tanpa meninggalkan kekayaan kearifan lokal Kepri.

Karena event Festival Bahari Kepri Sail Karimata pada tahun 2016 lalu, telah memecahkan rekor muri untuk jumlah kapal yacht.

Selain itu, potensi wisata bahari Kepri juga didukung dengan lokasinya yang strategis berbatasan dengan beberapa negara tetangga.

“Kepri paling banyak penyumbang turis mancanegara. Karena itu, Kementerian Pariwisata menetapkan Kepri sebagai gerbang pariwisata bahari di Indonesia, ” kata Arif.

Oleh karena itu, kata Menpar, sudah selayaknya pemerintah daerah di Kepri mengunggulkan pariwisata sebagai penopang ekonomi.

“Sektor pariwisata juga merupakan menjadi sektor unggulan dan juga penghasil devisa negara,” kata Arif. (AFRIZAL).

Komentar