oleh

150 Peserta Ikuti Kegiatan Peningkatan Pengembangan Wawasan Kebangsaan Bela Negara

Tanjungpinang, (TK)

Sebanyak 150 orang terdiri dari para pengurus paguyuban, pengurus masyarakat di setiap kecamatan dan kelurahan, LSM, serta organisasi masyarakat, mengikuti kegiatan peningkatan pengembangan wawasan kebangsaan dan bela negara tahun 2015, di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang, Senin (30/11).

Kegiatan ini dilaksnakan oleh Badan KesbangpolPenmas Tanjungpinang selama 2 hari 30 November sampai 1 Desember 2015.

“Ada tiga hal yang menjadi yang menjadikan bangsa ini kuat, pertama adanya masyarakat yang kuat dan kokoh, kedua negara dan pemerintahannya, dan yang terakhir pertahanan dan keamanan negara,” kata Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat membuka acara tersebut.

Lis mengatakan, ada perbedaan yang terjadi dimasa setelah reformasi terhadap nilai-nilai nasionalisme bangsa. “Dulunya RT/RW mengumpulkan warga untuk gotong royong itu tidak sulit, sekarang bapak/ibu untuk mengajak masyarakat saja harus mendatangi rumah warga satu persatu, agar mereka mau bergotong-royong. Hal ini sudah menjadi tanda bahwa semangat bela negara dan nilai-nilai nasionalisme bangsa kita semakin luntur,” ucap Lis.

Oleh karena itu, kata Lis, kegiatan ini sangat penting bagi bapak/ibu semua, sebagai pelopor wawasan kebangsaan di masyarakat. Bapak/ibu dapat memberikan pemahaman kembali arti pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara itu. Paling tidak memulainya dengan menanamkan semangat dalam diri sendiri dan keluarga.

“ Manfaatkanlah kegiatan ini sebagai forum diskusi dan komunikasi untuk menghasilkan semangat bela negara dan nilai-nilai nasionalisme yang kokoh, sehingga melahirkan filosofi dari dalam hati kita. Kemudian diolah oleh pikiran kita dan akhirnya bisa kita terapkan di lingkungan,” kata Lis.

Diakhir sambutannya, Lis berpesan kepada seluruh peserta, untuk terus bangga menjadi bangsa Indonesia, bangga menjadi bangsa yang besar, bangsa Indonesia.

Terpisah kepala Badan Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang, Wan Kamar mengatakan ,kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar cinta tanah air, nilai-nilai pancasila, serta nilai-nilai kearifan lokal yang telah menjadi nilai luhur yang harus dijunjung masyarakat Indonesia.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Komandan Kodim 0315/Bintan, Rektor Umrah, Kapolres Tanjungpinang dan Kepala Kejaksaan Negeri. Dan acara turut dihadiri, jajaran kepala SKPD, Lurah, Camat dilingkungan pemerintah Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah

(AFRIZAL)

Komentar