oleh

Lis-Syahrul Tinjau Pelaksanaan UN Tingkat SLTA 2016

Tanjungpinang, Tuah Kepri –

Wali Kota (Wako) Tanjungpinang, H Lis Darmansyah dan Wakil Walikota (Wawako) Tanjungpinang, H. Syahrul, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (4/4) pagi.

Lis, berpesan kepada seluruh peserta ujian saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Tanjungpinang, untuk tetap tenang dan konsentrasi dalan menjawab soal.

“Anak-anak semua harus tetap tenang, santai, dan enjoy. Bapak yakin kalian semua pasti lulus, ” kata Lis saat memberikan support kepada seluruh peserta ujian.

Selanjutnya Lis menambahkan, pelaksanaan UNBK tahun ini, Alhamdulillah tidak menemukan kendala, semuanya berjalan lancar. “Saya berharap hasil ujian tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya,” ucap Lis.

Ditempat yang berbeda, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, juga berpesan kepada seluruh anak-anak untuk mengisi soal-soal dengan benar dan teliti.

“Anak-anak bapak, kerjakan soal-soal yang dirasakan mudah terlebih dahulu, sehingga pertanyaan tersebut terisi semua. Kemudian lakukan dengan teliti, bapak yakin, kalian pasti mendapatkan hasil ujian dengan baik,” kata Syahrul, saat meninjau pelaksanaan UN SMAN 5 Tanjungpinang.

Wakil Walikota H Syahrul S Pd, saat meninjau pelaksanaan UN SMAN 5 Tanjungpinang.
Wakil Walikota H Syahrul S Pd, saat meninjau pelaksanaan UN SMAN 5 Tanjungpinang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG, menerangkan bahwa tahun 2016 ini pelaksanaan ujian nasional di Kota Tanjungpinang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Alhamdulillah pelaksanan ujian dengan dua sistem tersebut berjalan lancar, tahun ini ada sebanyak 2.805 siswa yang mengikuti ujian nasional, sedangkan sekolah yang menggunakan sistem UNBK sebanyak 10 sekolah SMA dan SMK,” katanya.

Selain itu dikatakannya, sejak dua tahun terakhir ini ujian nasional tidak menentukan kelulusan siswa. Namun kelulusan siswa itu dapat dilihat dari akumulasi nilai siswa selama menempuh pendidikan disekolah. Ia berharap, semoga hasil ujian dapat meningkat dari tahun sebelumnya, dan dalam ujian ini yang terpenting adalah prestasi dan kejujuran, ” ucap Dadang.

Untuk mata pelajaran yang diuji bagi sekolah yang menggunakan sistem UNBK, akan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama jam 07.30-09.30 wib, sesi kedua 10.30 – 12.30 wib dan sesi ketiga 14.00-16.00 wib. Untuk SMA 3, jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 154 siswa dari 2 jurusan IPA dan IPS. Waktu yang diberikan untuk menjawab soal selama 2 jam.

Usai meninjau pelaksanaan ujian, Lis melanjutkan agenda kerjanya ke SMKN 2 Tanjungpinang, untuk meninjau ujian serta pembangunan tempat praktek perhotelan yang telah selesai dibangun.

Ujian Nasional tingkat SMA akan berlangsung mulai 4 sampai 6 April 2016, dan UNBK SMA akan berlangsung mulaj 4 sampai 7 April, dan akan dilanjutkan lagi pada 11 sampai 12 April 2016. Sementara UN SMK dengan sistem UNBK dan UNBPK akan berlangsung mulai 4 sampai 7 April.

Peninjaun Walikota didampingi Anggota DPR-RI Komisi III, Dwi Ria Latifah. (AFRIZAL).

Komentar