KPU Tanjungpinang Masih Tunggu Pengumuman MK Sebelum Ditetapkan Caleg Terpilih

Tanjungpinang, Tuah Kepri –  Keputusan Penetapan Calon Legislatif (Caleg) terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang 2019, masih menunggu Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Makamah Konstitusi (MK) RI.

Foto Ilustrasi pelantikan, sumber Internet

Foto Ilustrasi pelantikan, sumber Internet

“Kita masih menunggu pengumuman BRPK dari MK hari ini, sebelum ditetapkan,” kata Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara Kota Tanjungpinang, Susanti, Senin (1/7/2019).

Susanti menjelaskan, BRPK dari MK yaitu Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang sebelumnya di ajukan oleh Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Kota Tanjungpinang.

” Kalau Kota Tanjungpinang tak ada
PHPU, maka penetapan segera dilaksanakan paling lambat 3 hari setelah pengumuman. Tapi kalau ternyata kita ada PHPU, maka penetapan ditunda sampai proses persidangan diMK selesai sampai keputusan baru bisa kita tetapkan,” ucapnya.

PHPU gugatan yang diajukan oleh Partai Garuda Kota Tanjungpinang terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang ke MK RI, pada Pemilu serentak 2019.

Berdasarkan sumber dari media, Partai Garuda Kota Tanjungpinang merasa dirugikan atas hilangnya perolehan suara sekitar 300 suara pada Pemilu Serentak 2019 tepatnya di Pemilihan Legislatif (Pileg).

Sementara menurut Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin mengatakan hanya Partai Garuda yang mengajukan gugatan terhadap KPU Kota Tanjungpinang ke MK RI pada Pemilu serentak 2019.

“Selain dari Partai Garuda, partai lain tidak ada yang menggugat pada Pemilu serentak 2019,” katanya. (ZAL).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KPU Tanjungpinang Masih Tunggu Pengumuman MK Sebelum Ditetapkan Caleg Terpilih"