oleh

Darma Wanita Provinsi Kepri Studi Komparative ke Jawa Timur dan Bali Belajar Pengelolaan E Reporting

Tanjungpinang, TuahKepri – Darma Wanita Persatuan Privinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kegiatan studi komparative Dharma Wanita ke Jawa Timur dan Bali.

Maksud dan tujuan Kegiatan ini adalah berdasarkan penilaian pelaporan E Reporting yang dilakukan oleh Darma Wanita Persatuan Pusat, Darma Wanita Provinsi Kepri merupakan salah satu Provinsi yang terbaik di indonesia.

” Untuk yang terbaik pertama yaitu, Darma wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur, sementara Darma Wanita Persatuan Kepti Alhamdulillah Bisa menduduki Peringkat ke 10 dari 34 Provinsi Di Indonesia,” kata ketua Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri, Hj.Rismarini Arif Fadilah, Minggu (10/9).

Untuk itu katanya, sangat diharapkan oleh Darma Wanita Persatuan Pusat, agar Darma Wanita Persatuan Provinsi Se Indonesia, untuk bisa belajar bagaimana Pengelolaan E Reporting Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur bisa menjadi rujukan bagi Darma Wanita Persatuan se Indonesia. Sehingga Pelaporan E Reporting Darma Wanita Persatuan dii Indonesia, bisa lebih baik lagi.

“Untuk itulah, rasanya perlu Darma Wanita Persatuan Kepulauan Riau, untuk bisa belajar bagiaman pelaporan E Reporting Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri, bisa lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya.

Peringkat terbaik Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur yaitu Kota Surabaya telah, salah satunya membuat TPA (Tempat Penitipan Anak), yang sudah terpadu dengan Kelompok Bermain dan TK yang di kelola oleh Darma Wanita Persatuan Kota Surabaya.

Karena itu dikatakan Hj.Rismarini Arif Fadilah sehingga dirasa perlu oleh Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri untuk bisa juga membuat TPA (Tempat Penitipan Anak) Di Provinsi Kepri, terutama anak -anak khususnya anak anak ASN bisa ada tempat penitipan anak yang lebih baik dan di kelola oleh Darwa Wanita Persatuan Provinsi Kepri nantinya.

Kemudian dikatakan Ketua Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri juga harus memperhatikan di bidang ekonomi. Seperti Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur untuk Bidang Ekonomi Usaha

Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur, kata dia, telah banyak membina UKM UKM yang mana Darma Wanita. membantu dalam pemasaran dan Promosi hasil hasil produk rersebut, dibina sampai ke daerah Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.

“Untuk itu dirasa perlu kita untuk mempelajari kebijakan yang dilakukan oleh Darma Wanita Persatuan Jawa Timur untuk pengembangan Produk Produk UKM dan Koperasi tersebut,” katanya.

Kemudian Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri juga mengunjungi Darma Wanita Persatuan Provinsi Bali, yang mana program dan kegiatan Darwa Wanita Provinsi dalam pelaksanaannya didukung penuh oleh kalangan pengusaha- pengusaha yang ada di Bali.

“Darma Wanita Provinsi Kepri ingin mengetahui bagaimana regulasi dan kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah dan Darwa Wanita Persatuan Provinsi Bali. Sehingga pengusaha bisa membantu program kegiatan Darma Wanita tersebut Khususnya dalam bidang pendidikan dan Sosial,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan studi Komparative Darma wanita Provinsi Kepri sebagai berikut.

Kunjungan pertama tanggal 7 – 9 September 2017 ke Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur, yaitu pada jam 11.00 Wib siang.

“Setibanya di Bandara Juanda kita disambut oleh Pengurus Darwa Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan berkunjung Ke Darma Wanita Persatuan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Mereka mempresentasikan bagaimana produk – Produk UKM yang ada di Jawa Timur yang telah di bina oleh Darma Wanita Persatuan Dinas Koperasi Dan UKM. Setelah itu dilanjutkan ke Galeri Darma Wanita Persatuan Dinas Koperasi Dan UKM, pada pukul 14 .00 Wib. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke TPA ( Tempat Penitipan Anak) yang dikelola oleh Darma Wanita Persatuan Kota Surabaya, pada pukul 16.00 Wib dan dilanjutkan lagi dengan kunjungan ke kantor Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur.

“Diimana disana di presentasikan bagaimana program E Reporting di Darma Wanita Provinsi Jawa Timur, sukses mengelola pelaporan tersebut dan dilanjutkan dgn Bazaar Galeri Darma Wanita Persatuan Kabupaten Kota se Jawa Timur dilanjutkan perjalanan malam nya ke Kabupaten Tuban,” ucapnya.

Adakan kunjungan tersebut kata dia pada 8 september jam 9.00 wib Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri, di bawa oleh Darma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur untuk mengunjungi Darma Wanita Kabupaten Tuban, yang mana Darma Wanita tersebut mendapat peringkat pertama dalam pengelolaan E Reporting tingkat Kabupaten dan Kota se Jawa Tiimur, serta disajikan juga bagaimana pengelolaan Limbah mereka mendapat peringkat terbaik dalam pengelolaan Limbah Jagung menjadi beberapa kerajinan (Klobot Jagung).

Bahkan selain itu juga diperkenalkan yaitu kerajinan Batik Kedok Tuban sudah menjadi batik yang sering diikutkan dalam beberpa pagelaran di JCC. Setelah itu Pada 9 September dilanjutkan perjalanan ke Provinsi Bali.

Dalam kujungan Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri di Bali pada tanggal 10 September kata dia, yaitu untuk melihat bagaimana regulasi dan kebijakan, sehingga kalangan dunia usaha ikut mendukung pelaksanaan kegiatan Program Darma Wanita Bali di Bidang Pendidikan dan sosial budaya.

Adapun hasli yang didapat dari kegiatan Study komparative Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri adalah. Diharapan Kegiatan Pelaporan E Reporting untuk Kabupaten dan Kota serta OPD di Provinsi Kepri, bisa berjalan dengan lebih baik.

“Sehingga dari peringkat 10 bisa naik lagi kepringkat atas,” harap Rismarini Arif Fadilah.

Bahkan, Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri berniat untuk membentuk TPA (Tempat Penitipan Anak) khusunya anak-anak ASN, yang selama ini bekerja disiapkan tempat penitipan anak yang lebih baik lagi kedepannya.

Ketua Darma Wanita Persatuan Provinsi Kepri kata dia berharap, kalangan dunia usaha bisa mendukung program-pogram kegiatan Darma Wanita Kepri kedepannya.

“Semoga Darma Wanita Provinsi Kepri kedepannya, bisa lebih baik lagi dan program kegiatannya bisa dirasakan oleh masyarakat Kepri pada umumnya,” katanya. (AFRIZAL).

Komentar