oleh

Plt Bupati Bintan Lepas Ekspor 9,5 Ton Komoditas Olahan Ikan ke Australia

BINTAN, TUAHKEPRI – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan melepas keberangkatan kontainer ukuran 20 feet berisi 9,5 ton komoditas olahan ikan fillet beku untuk jenis Ikan Kerapu dan Ikan Kakap yang nantinya akan segera diekspor ke Kota Brisbane, Australia.

Kegiatan itu dilakukan Roby saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Bintan Intan Gemilang, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Dalam pelepasan komoditas ekspor ikan tersebut, Roby menuturkan apresiasi dan rasa bangganya, karena biasanya selama ini pengeksporan hasil olahan ikan harus melewati negara tetangga Singapura. Namun sekarang komoditas ekspor tersebut sudah bisa langsung dikirim ke negara tujuan.

” Kita berharap kegiatan ekspor olahan ikan ini kedepannya dapat berkelanjutan dan semakin berkembang. Apalagi komoditas olahan ini dapat langsung diterima negara tujuan Australia, karena biasanya kita ekspor harus melalui negara Singapura dulu. Kita harapkan kegiatan ini dapat continue dan mungkin bisa berkembang ekspor ke negara-negara lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Pemilik PT Bintan Intan Gemilang, Dina menuturkan bahwa perusahaannya sudah bergerak sejak tahun 2018 dengan rata-rata per bulan ekspor mencapai 2 kontainer ukuran 20 feet.

Menurutnya 9,5 Ton komoditas olahan ikan Kakap dan ikan Kerapu hasil tangkapan nelayan tradisional tersebut merupakan produk lokal asli Bintan yang dikerjakan langsung oleh tenaga lokal dari Kepri.

” 90 persen tenaga kerja disini merupakan asli Kepri. Produk komoditas olahan ikan yang kita buat ini, juga telah mampu bersaing dengan negara Vietnam dan Singapura, sehingga kita bisa ekspor langsung ke negara tujuan Australia,” ucapnya. (Red).

Komentar