oleh

Pemko Tanjungpinang Serahkan 58 Ekor Sapi Qurban Untuk Masyarakat

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan 58 Sapi Qurban untuk Masjid, Musholla dan Surau di Wilayah Kota Tanjungpinang, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438 H/ 2017 M, Kamis (31/8).

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, didampingi Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, menyerahkan 1 ekor sapi qurban seberat 280 Kilogram untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Bantuan sapi qurban tersebut diterima oleh Pengurus Masjid Agung Al-Hikmah, Abdul Razak, di Halaman Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang.

Lis mengungkapkan, pemerintah Kota Tanjungpinang terus berupaya dan berusaha supaya Masjid/Musholla dan Surau di Kota Tanjungpinang, menerima sapi qurban untuk dibagikan kepada masyarakat.

” Alhamdulillah, sapi qurban ini bersumber dari dana patungan seluruh OPD, awal pertama kali kami patungan berjumlah 17 ekor sapi qurban, kemudian bertambah 29 ekor dan tahun ini kami bisa menyerahkan sebanyak 58 ekor sapi qurban, ” ujar Walikota.

Walikota berharap, mudah-mudahan pemberian sapi qurban ini bermanfaat bagi masyarakat. InsyAllah, kedepan bantuan sapi qurban yang kita berikan dapat maksimal, khususnya di Masjid Agung Al- Hikmah, mengingat jumlah jamaah dan masyarakatnya lebih banyak.

” Semoga Allah SWT memberi nikmat dan pahala pada kita semua, Amin ya rabbal Alamin. Inilah kontribusi pemerintah untuk penyediaan hewan korban bagi masyarakat. Mudah-mudahan semangat berkurban dengan keiklahasan dapat meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT,” ucapnya.

Ditempat yang berbeda, Wakil Walikota H. Syahrul, mengatakan berkurban itu bukan sekadar hanya menumpahkan darah atau daging hewan kurban, tetapi semangat berkurban kita jadikan keikhlasan beribadah, sebagai cerminan dalam membangun Kota Tanjungpinang.

Wakil Walikota menegaskan bahwa 58 ekor sapi kurban ini berasal dari dana ASN Pemko Tanjungpinang, jadi setiap OPD menabung untuk berkorban yang disebarkan ke Masjid/Musholla dan Surau di Kota Tanjungpinang,” kata Wakil Walikota.

Hingga hari ini, lanjut Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang, sapi-sapi ini sudah kita distribusikan ke Masjid/Mushola dan Surau. Dari 58 ekor sapi tersebut, masing-masing Masjid/Musholla dan Surau menerima 1 ekor hewan qurban.

” 58 ekor sapi qurban ini, tentu belum mengakomodir 248 Masjid/Mushollah dan Surau yang ada di Kota Tanjungpinang, tetapi Masjid Musholla, Surau kita bagikan secara bergilir, kalau tahun lalu belum menerima akan kita berikan. Demikian pula, jika ada Masjid, Musholla dan Surau yang ramai jamaah dan masyarakatnya tetapi sapi qurban tidak cukup akan kita distribusikan,” terangnya.

Sebelumnya, Pengurus Masjid Agung Al-Hikmah, Abdul Razak menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang atas pemberian sapi kurban ini.

“Semoga apa yang dilakukan ini menjadi amal ibadah, dan mendapat ridho Allah SWT,” ucapnya

Sebagai informasi, untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha tingkat Kota Tanjungpinang akan dipusatkan di Lapangan Pamedan A. Yani. Sholat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 Wib, Jum’at (1/9). Bertindak sebagai Khatib Sholat Idul Adha adalah Wakil Walikota H. Syahrul, S. Pd, dan Imam oleh Ustadz Sutan Muhammad Isya, MA.

Sedangkan tempat pelaksanaan Sholat Idul Adha yang tersebar di wilayah Kota Tanjungpinang sebanyak 130 titik, terdiri dari lapangan 10 titik, Masjid 108, serta Surau/Musholla 12 tempat pelaksanaan Sholat Idul Adha.

Sementara untuk jumlah keseluruhan hewan qurban di Kota Tanjungpinang, baik dari Pemerintah Kota Tanjungpinang, Masjid, Musholla dan Surau, dari data yang tercatat hingga hari ini di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, sebanyak 937 hewan kurban, dengan rincian 554 ekor sapi, dan 383 ekor kambing. Dan jumlah ini kemungkinan akan bertambah. (AFRIZAL).

 

Komentar