Pemilihan Wakil Walikota Tanjungpinang Dijadwalkan 28 April

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang menjadwalkan pelaksanaan pemilihan calon wakil walikota akan dilaksanakan pada 28 April 2021 mendatang.

“Jadwal pelaksanaan pemilihan calon wakil walikota akan dilaksanakan pada 28 April 2021 mendatang,” kata Wakil Ketua Pansus Tatib Pemilihan Calon Wakil Walikota Tanjungpinang, Momon Faulanda SE, Senin (5/4/2021).

Untuk melaksanakan pemilihan calon wawako pada 28 April 2021 mendatang, kata Momon, DPRD Kota Tanjungpinang telah menerima dua nama bakal calon wakil walikota (Balon Wawako) pada Rabu 31 Maret 2021. Dan dua nama yang diusulkan tersebut yakni Ade Angga dari Partai Golkar dan Endang dari Partai Gerindra.

“Namun saat ini, masih tahap pembentukan panitia pemilihan (Panlih) Calon Wakil Walikota Kota Tanjungpinang. Rencananya, Panlih akan dibentuk hari ini,” ucap Legislator PPP Dapil Tanjungpinang Timur ini.

Masih kata Momon, dua nama yang diusulkan sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Tanjungpinang tersebut yakni Ade Angga dan Endang. Selain itu, Ade Angga yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang diwajibkan mundur sebagai Anggota DPRD.

“Bagi Anggota DPRD yang mengajukan diri sebagai Calon Wakil Walikota Tanjungpinang, harus mundur sebagai Anggota DPRD. Hal itu ketika yang bersangkutan ditetapkan sebagai calon tetap,” ucap Momon.

Momon mengutarakan, untuk penetapan calon hingga saat ini belum dilaksanakan, karena belum ada yang mendaftar.

“Kedua nama calon yang masuk tersebut, baru sekedar usulan dari partai. Jadi para calon harus mendaftar ke Panlih dengan melengkapi berbagai persyaratan yang akan ditetapkan oleh Panlih nantinya,” kata Momon.

Salah satunya yakni saat mendaftar nanti yang bersangkutan harus melampirkan surat pernyataan bersedia mundur dari Anggota DPRD. Namun setelah penetapan, Ade Angga wajib mundur sebagai Anggota DPRD.

“Wajib mundur sebagai Anggota DPRD ini, merupakan salah satu syarat dan berdasarkan PP 12 Tahun 2018. Maka Ade Angga harus mundur semenjak resmi ditetapkan sebagai calon Wakil Walikota Tanjungpinang,” katanya. (Red).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemilihan Wakil Walikota Tanjungpinang Dijadwalkan 28 April"