'

Pastikan Higiene, Dinkes Tanjungpinang Bersam Loka Pom Lakukan Pengawasan Makanan Takjil

Tanjungpinang ,Tuah Kepri – Dinas (Kadis) Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KPPKB) Kota Tanjungpinang, hari ini Rabu (8/5/2019) bersama Loka Pom dan Puskesmas melakukan pengawasan makanan Takjil di sejumlah lokasi di KotaTanjungpinang.

“Untuk hari ini difokuskan pada makanan takjil dijajakan di sekitar Jalan Pemuda, Pamedan, Engku Putri dan Batu lima, dan tim yang diterjunkan sekitar 12 orang, yang terdiri atas petugas Dinkes 6 orang, Loka Pom 4 orang dan Puskesmas 2 orang,” kata kepada Dinkes KPPKB Kota Tanjungpinang, Rustam.

Dijelaskan Rustam, pengawasan dilakukan untuk memantau aspek higiene dan sanitasi lingkungan tempat makanan dijajakan, mulai dari cara penyimpanan dan penyajian makanan serta perilaku pedagang yang menjajakan makanan.

“Dari aspek higiene dan sanitasi secara umum cukup baik, tetapi masih ditemukan makanan yang disajikan tanpa ditutup atau ditutup sekedarnya, dan juga masih ditemukan penggunaan es batu dari sumber yang tidak resmi,” ucap Rustam.

Selanjutnya untuk melihat dari aspek higiene produk makanannya, katanya, tim melakukan pengawasan dengan melakukan pengambilan sampel dan pengujian terhadap makanan yang dicurigai.

“Terhadap temuan ini sudah dilakukan edukasi dan pembinaan kepada penjaja yang bersangkutan. Dan parameter uji pemeriksaan yang dilakukan meliputi Boraks, Formalin, Rhodamin B, Metilen Yellow,” katanya.

Sementara total sample yang diperiksa, kata dia, ada 32 sampel dengan hasil semuanya negatif.

“Dari hasil sample yang diperiksa tidak mengandung bahan berbahaya. Jenis
sample yang di uji antara lain Es buah, kue yang berwarna cerah, tahu, mie goreng, bakso dan lain lain,” ujar Rustam.

Selanjutnya, kata Rustam pada besok pagi pengawasan makanan takjil dilanjutkan ke lokasi sekitar jalan Sumatera dan pada Senin depan di sekitar Pinlang Mas Bintan Center dan SPBU Batu 10. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pastikan Higiene, Dinkes Tanjungpinang Bersam Loka Pom Lakukan Pengawasan Makanan Takjil"