oleh

Kelebihan Dan Keuntunggan Lampu LED

Tanjungpinang, (TK)

[dropcap]L[/dropcap]ampu Light Emithing Diode (LED) merupakan lampu hemat energi dan saat ini telah banyak digunakan, baik di Pemeritahan, perusahaan maupun rumah tangga. Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah kelebihan dan keuntunggan lampu LED.

Namun sebelum lebih jauh membahas tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan lampu led, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu LED dan apa yang dimaksud dengan lampu LED.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas kebersihan Pertamanan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri, mengatakan LED adalah singkatan dari Light Emithing Diode. Sedangkan LED sendiri merupakan semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut dilewati arus listrik. Jadi intinya LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

“Jadi, lampu LED adalah lampu yang sumber cahayanya berasal dari kumpulan LED sehingga dapat digunakan untuk penerangan,” kata Yoni, Selasa (24/11).

[Baca juga – Wawako Tanjung Pinang ajak mahasiswa perantau, ajak kemana ?]

Sementara inilah kelebihan dan keuntungan menggnakan lampu LED, pertama lampu LED lebih hemat energi dan lebih cocok untuk pemakaian listrik dirumah tangga karena lebih hemat dalam pembiyaan.

Terus lampu LED dayanya tahan lama tidak perlu gonta ganti lampu. Lampu ini cukup tahan lama sehingga tidak harus sering mengganti lampu, dibanding lampu pijar biasa.

Kemudian cahaya lampu LED tidak panas, Itu artinya LED tidak akan membuat ruangan di rumah menjadi lebih panas. Terus bagi yang peduli dengan kesehatan, cahaya lampu LED tidak mengandung Ultra Violet.

Dan terakhir, lampu LED lebih ramah lingkungan. Selain bebas sinar UV, lampu LED tidak mengandung mercury. Namun meskipun lampu LED memiliki banyak kelebihan, tapi tetap lampu ini juga mempunyai kekurangan. Jadi kekurangan lampu LED adalah harganya lebih mahal dari pada lampu pijar.

[Baca juga – Ini dia yang mengawasi impor beras di pelabuhan, siapa dia? sila baca ini]

Kabid PJU DKPP Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri
Kabid PJU DKPP Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri

(AFRIZAL)

Komentar