Kadinkes Kepri : Semakin Banyak ODP Maka Peluang Putuskan Rantai Penularan Semakin Baik

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Kepala Dinkes Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, semakin banyak Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid -19, peluang untuk memutus rantai penularan akan semakin baik.

“Karena kita semua sudah berada dalam wilayah terjangkit, jika ingin menghentikannya untuk memutus rantai penularannya yaitu harus tinggal dirumah dan ini cara paling ampuh,” kata Tjetjep, Jumat (27/3/2020).

Tjetjep berharap hindari keluar rumah, dan jika keluar rumah hanya dilakukan kecuali untuk keperluan mendesak.

“Gunakanlah masker, jangan lupa cuci tangan pakai sambun. Karena kemungkinan kita telah menyentuh berbagai benda yang telah terpapar virus bila keluar rumah,”ucap Tjetjep yang juga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri.

Terkai jumlah peningkatan ODP di Kepri khususnya di Batam, Ia menambahkan, biasanya mereka para OPD memiliki kontak erat dengan covid19 positif, dan atau memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit.

“Sesungguhnya semakin besar ODP, maka semakin banyak yang dikarantina, baik secara mandiri di rumah maupun ditempat penampungan yang disediakan pemerintah. Sehingga semakin banyak ODP, maka peluang kita untuk memutus rantai penularan akan semakin baik,” katanya.

Sementara update data terbaru penyebaran virus Corona (Covid -19) Jumat 27 Maret 2020, untuk jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 1.384 orang. Dan Kota Batam jumlah paling tinggi angka ODP yaitu 756 orang di antara Kabupaten Kota di Kepri. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadinkes Kepri : Semakin Banyak ODP Maka Peluang Putuskan Rantai Penularan Semakin Baik"