oleh

Ini Kata Camat Singkep Selatan Dalam Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77

LINGGA, TUAHKEPRI – Keterbatasan anggaran imbas dari pandemi Covid-19 yang masih membias hingga saat ini, bukanlah jadi alasan bagi Camat Singkep Selatan Kabupaten Lingga, Encek Dody Kurniawan, S.Pi untuk tidak memeriahkan momentum yang paling bersejarah di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77 tahun.

Secara kasat mata hari ini dapat disaksikan sungguh luar biasa semarak yang diciptakan Encek Dody Kurniawan,S.Pi Camat Singkep Selatan yang juga Camat termuda dikabupaten Lingga ini, menjelang 2 hari lagi peringatan detik-detik Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Pihak Kecamatan Singkep Selatan hari ini mulai menggelar berbagai kegiatan lomba keterampilan, kecerdasan dan penguasaan materi bagi anak-anak siswa dan siswi tingkat PAUD,TK,SD,SMP dan SMA.

Ketua Panitia kegiatan lomba Devi Adam, mengatakan, adapun lomba yang dipertandingkan pada kegiatan ini, diantaranya lomba peragaan busana adat dan busana Muslim (Fashion show) bagi anak PAUD, pesertanya terdiri dari Paud KB.Mawar,Paud SPSS Meranti dan Paud Cahaya. Untuk Lomba Azan bagi siswa SD dan SMP.

Sedangkan lomba pidato bagi siswa siswi SMP dan SMA, kata dia, tidak ketinggalan juga diperlombakan yaitu seni membaca Gurindam 12 karya pujangga Raja Ali Haji.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke – 77 dan mulai dibuka dan dilaksanakan hari ini, ” kata Devi, Senin (15/8/2022).

Sementara Camat Singkep Selatan, Encek Dody Kurniawan
menjelaskan, terselenggaranya kegiatan ini juga dibantu para pegawai dan staf Kecamatan serta bekerjasama dengan para Kepala Desa dan Perangkat Desa, juga ketua dan anggota TP.PKK Kecamatan dan Desa se – Kecamatan Singkep Selatan.

Selanjutnya ditambah sejumlah elemen masyarakat dan Pemuda, bahkantidak ketinggalan juga turut serta hadir para Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat serta Tokoh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan setempat.

“Suksenya acara ini juga tidak terlepas adanya suport dari Babinkantibmas serta Babinsa setempat yang ikut menyumbangkan pemikiran dan tenaga mereka dalam memeriahkan semarak HUT Kemerdekaan RI ke – 77 tahun ini. Sehingga acara gebyar HUT Kemerdekaan RI ke – 77 di Kecamatan Singkep Selatan dapat terlaksana sebagaimana yang terlihat hari ini,” katanya.

Lanjut kata Encek Dody Kurniawan kegiatan perlombaan yang dimulai pada hari ini, selain menampilkan pesona yang berhubungan dengan HUT Kemerdekaan, juga akan menampilkan pertunjukan bernuansa kedaerahan sebagai ciri khas budaye melayu.

“Beragam corak anekaragaman akan dipersembahkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan melestarikan seni budaya melayu dinegeri segantang lada sebagai negeri Bumi Bunde Tanah Melayu di Kepulauan Riau (Kepri) yang bermarwah, agar generasi penerus dinegeri ini dapat mengenal seni budaya hasanah milik mereka, ” ucap Encek Dody.

Sementara anggaran kegiatan ini terlaksana dengan bermodalkan gotong royong dan ditambah swadaya kami semua saling berpatungan. “Kami berusaha menghiasi pembangunan negeri yang kita cintai dengan kegiatan yang saat ini dengan semangat cinta NKRI yang tetap kita jaga kedaulatannya. Maka dari itu dengan berbekalkan keyakinan dan tekad kebersamaan ini, kami berjuang untuk memeriahkan momentum yang sangat bersejarah ini, ” ucap Encek Dody.

Encek Dody sedikit bercerita, menilik pada peristiwa 77 tahun yang lalu, Proklamator Bung Karno bersama Bung Hatta dan para pejuang negeri ini, berbekalkan tekat dan semangat bahkan dengan menggadaikan nyawa, mereka telah membebaskan bangsa ini dari belenggu dan cengkraman penjajah.

Betapa sulitnya mereka saat itu, mereka berhadapan dengan berbagai masalah dan rintangan namun hanya bermodalkan jiwa kebangsaan yang besar dan semangat patriotisme yang tinggi, mereka tetap mampu tegak berdiri menyuarakan Kemerdekaan negeri dan Bangsa ini.

“Maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa mengenang jasa para pejuang-pejuang pendahulu kita itu, meskipun dengan keterbatasan anggaran yang kita alami saat ini, namun tidak akan mampu membatasi jiwa dan raga kita untuk mengibarkan semangat dalam membesarkan jasa para pahlawan kemerdekaan negeri ini,” katanya.

Kegiatan ini, dikatakanya, jauh hari sudah membahas persiapan gebyar HUT Kemerdekaan RI dan ia bertekad sekalipun dalam keterbatasan, namun semarak memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke – 77 tahun ini tetap di kibarkan.

“Karena kami yakin dan insya Allah sejauh dengan niat yang ikhlas dan dengan disertai berdoa kepada Allah Tuhan yang Maha Kuasa, tidak ada hal yang tidak mungkin kita lakukan, jika ada niat dan mau berbuat dari segala sesuatu itu akan terjadi dan akan terlaksana, tentunya semua ini dengan izin Allah yang maha memberi Rahmat, semoga semarak HUT Kemerdekaan yang kita rayakan ini berjalan baik Aamiin” ungkap Encek Dody Kurniawan.

Diakhir penjelasannya, Encek Dody mengatakan bahwa usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke – 77 pada tanggal 17 Agustus 2022 kelak, pihak kecamatan juga akan menggelar perlombaan permainan rakyat, ada panjat batang pinang, tarik tambang dan lain sebagainya. (S/DL).

Komentar