'

Debit Air Sei Pulai Kritis Hanya 2 Centi Meter

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Kondisi air waduk utama di Tanjungpinang Sei Pulai batu 14 untuk disalurkan ke pelanggan kritis, hanya 2 Centi Meter (CM).

Lokasi Waduk Sei Pulai  14 Tanjungpinang

Lokasi Waduk Sei Pulai 14 Tanjungpinang

” Stok air di Waduk Sei Pulai yang disalurkan kepelanggan di Kota Tanjungpinang sampai saat ini hanya sekitar 2 cm, sebelumnya kondisi normal air waduk mencapai 4,27 cm,” kata Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, Mamat, Sabtu (26/10/2019).

Dijelaskan Mamat, kondisi normal air waduk Sei Pulai 4,27 cm itu terjadi, sekitar Juli 2019 lalu. Namun sekarang Oktober 2019 kondisi stok air hanya 2 cm dan turun mencapai 4,25 Cm.

” Stok air waduk Sei Pulai belum bertambah, meskipun kondisi Tanjungpinang saat ini sudah mulai hujan, namun belum bisa menambah debit air waduk Sei Pulai. Karena hujan yang turun diwilayah batu 14 hanya dua kalilah, tapi diluar wilayah kilometer 14 hujan lebat dan kamipun heran,” ucapnya.

Selain pengaruh hujan tidak menambah debit air waduk yang belum signifikan, menurut Kasubag Umum dan Keuangan PDAM Tirta Kepri, Fazli Idham menjelaskan, kurangnya air waduk disebabkan tidak ada lagi resapan air di wilayah area Sei Pulai tersebut.

” Diwilayah area Sei Pulai tidak ada lagi resapan air seperti pohon besar untuk menampung resapan air. Selain itu juga banyak rumah pemungkiman dan juga sekitar area ada perkebunan sawit,” ucapnya.

Akibat kurang debit air baku Sei Pulai
Lanjut dikatakan Mamat, berdampak terhadap pendistribusian ke pelanggan di Tanjungpinang.

” Karena stok kurang, terpaksa PDAM Tirta Kepri harus menjadwalkan produksi air bersih ke pelanggan, sekitar 3 hari sekali dan kita ambil
melalui Sei Gesek,” ucap Mamat.

Namun pihak PDAM Tirta Kepri, kata dia, terus berupaya untuk mengatasi krisis air di Kota Tanjungpinang, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Karena jumlah pelanggan PDAM di Tanjungpinang sampai saat ini mencapai 17.900 pelanggan, dan penyaluran air diambil melalui Sei Pulai,” ucap Direktur melalui kepala bidang pelanggan, Rita. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Debit Air Sei Pulai Kritis Hanya 2 Centi Meter"