Dilaporkan ke DKPP RI, Zaini : Bawaslu Tanjungpinang Akan Bersikap Koopertif

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zani menghargai terkait dilaporkan dirinya dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang, oleh Calon Legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tanjungpinang Provinsi Kepri, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Laporan dilakukan oleh Caleg PSI DPRD Kota Tanjungpinang ke DKPP RI, pada Jum’at (1/3/2019) kemarin, sebagai upaya pembelaan diri terhadap salah satu Caleg PSI.

“InsyaAllah Bawaslu akan bersikap kooperatif. Pada prinsipnya, upaya penanganan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Bawaslu bersama unsur Sentra Gakkumdu dalam rangka menegakkan aturan dan keadilan pemilu, secara berintegritas dan profesionalitas,” kata M Zaini, Minggu (3/3/2019).

Kemudian kata Zaini, proses yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan perundangan dan prosedurnya.

“Serta melalui proses kajian yang mendalam dan bertahap, mulai dari Pembahasan I, II, dan III dalam tahapan penyelidikan dan penyidikan, sehingga ditetapkan sebagai tersangka oleh unsur Sentra Gakkumdu,” ucapnya.

Lanjut dikatakanya, terkait larangan dan sanksi kampanye ditempat pendidikan, telah diatur secara jelas dalam Pasal 521 UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, bahwa “Setiap pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye pemilu yang dengan sengaja melanggar larangan pelaksanaan kampanye pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c, huruf d, huruf e, huruf f, huruf g, huruf h, huruf i, atau huruf j dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp. 24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah)”, juncto Pasal 280 ayat 1 huruf h yang berbunyi; “Pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang: menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan”.

“Mohon doa dan dukungannya ya, semoga kebijakan kami tetap berada dalam kebenaran sesuai peraturan perundangan, demi menegakkan keadilan pemilu yang bermartabat dan demokratis,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Tanjungpinang, Mariyamah mengatakan siap, terkait dilaporkan dirinya oleh Caleg PSI DPRD Tanjungpinang, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

“Insyaallah siap hadapi sidang DKPP, ” kata Mariyamah. (ZAL).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dilaporkan ke DKPP RI, Zaini : Bawaslu Tanjungpinang Akan Bersikap Koopertif"