Peserta Pemilu Bisa Kampanye Pogram Visi Misi Mulai 24 Maret Hingga 13 April

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Legislatif (Caleg) 2019, belum bisa berkampanye menyampaikan pogram visi misinya dimedia cetak, elektronik dan lainya sebelum memasuki masa kampanye yang ditentukan, dari tanggal 24 Maret hingga sampai 13 April 2019.

“Ketentuan ini diatur Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum. Peserta Pemilu bisa berkampenye menyampaikan pogram visi misinya di media cetak, elektronik hanya mulai dari tanggal 24 Maret hingga sampai 13 April 2019,” kata
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri, Idris, S.Th.I, Rabu (6/2/2019).

Selain itu dikatakan Idris, bila mana peserta Pemilu ingin melakukan sosialisasi kemasyarakat yang sifatnya kampanye menyampaikan visi misi dan citra diri, peserta Pemilu harus menyampaikan surat pemberitahuan terlebih dahulu.

“Untuk sosialisasi kemasyarakat yang sifatnya kampanye menyampaikan visi misi dan citra diri itu, harus ada surat pemberitahuan kampanye dan harus memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STTPK) dari pihak Kepolisian yang di tembuskan ke KPU dan Bawaslu,” ucap Idris.

Bahkan pihak Bawaslu Kepri sambung Idris, sebelumnya sudah menyampaikan sosialisasi tentang aturan berkampanye kepada Partai Politik, tim partai, LO dan peserta pemilu.

“Jauh hari kita sudah sampaikan sosialisasi tentang aturan berkampanye ke tim Parpol, Lo dan Peserta pemilu dan aturan ini diatur PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum,” kata Idris.

Selain itu Bawaslu Kepri sebelumnya juga mengingatkan, partai politik (Parpol) peserta pemilu (Pileg) 2019, tidak melakukan aktivitas kampanye di luar jadwal yang sudah ditetapkan karena sanksinya bisa dipidana.

” Kampanye di luar jadwal bisa dikenakan sanksi pidana dan sanksi pidana ini secara tegas diatur dalam Pasal 492 Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017. Tentang Pemilu Kampanye yang dimaksud, menyampaikan sosialisasi visi, misi dan program parpol yang dilakukan oleh calon anggota legislatif,” ucapnya. (ZAL).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peserta Pemilu Bisa Kampanye Pogram Visi Misi Mulai 24 Maret Hingga 13 April"