Kodim O315/Bintan Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019

Tanjungpinang, Tuah Kepri — Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan menggelar Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden, di Wilayah Teritorial Kodim 0315/Bintan Tahun 2019 bersama Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang serta Polres Tanjungpinang.

Tema yang diusung “Kodim 0315/Bintan Melaksanakan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di Wilayahnya dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI” Bertempat di Aula Makodim 0315/Bintan, Senin (04/02/2019).

Ada sekitar 150-an personel TNI dari Kodim 0315/Bintan, Yonif RS 136/TS, dan Korem 033/WP yang hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Prajurit itu pada dasarnya sudah selalu siap, hanya saja dalam hal ini kesiapannya harus selalu dilatih,” ucap Dandim 0315/Bintan, Letkol Inf Ini Gusti Bagus Putu Wijangsa dalam sambutannya.

Dandim menjelaskan, secara umum latihan ini untuk menyamakan persepsi dan teknis pengamanan pemilu nanti.
Sinkronisasi pengamanan ini dilakukan agar antara personel TNI dengan pihak terkait lainnya, seperti KPU, Bawaslu dan Polri bisa beriringan dan sejalan.

“Pada kegiatan ini kita juga akan mengundang Narasumber dari KPU, Bawaslu dan Polri terkait Latihan Pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 ini, ” kata Dandim.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kodim 0315/Bintan.

Aswin juga mengungkapkan, bahwa Sinergitas antar instansi sangat diperlukan demi mensukseskan Pemilu 2019. “Kami mengharapkan TNI/Polri dan Bawaslu membantu kami untuk menyelenggarkan Pemilu yang aman dan damai, ” ucap Aswin.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini, M. Kom. I mengungkapkan, bahwa hal yang paling penting ialah pengaman saat hari H pencoblosan di setiap TPS yang tersebar.

“Pengamanan tersebut diataranya untuk kotak suara, titik-titik rawan potensi. Untuk jumlah personil pengamanan di TPS, kami serahkan kepada pihak terkait dalam hal ini TNI dan Polri,” ucap M. Zaini.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi yang saat itu sebagai narasumber memohon kerjasama dalam mengamankan Pemilu saat berlangsung.

“Kami dari Pihak Kepolisian juga mengharapkan kerjasama yang optimal. Tentunya dalam pengamanan kami tidak dapat bekerja sendiri, tentunya perlu ada sinergitas dan penyamaan visi misi dalam pengamanan Pemilu nantinya,” kata AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Turut hadir pada kegiatan Kasdim 0315/Bintan Mayor Czi Slamet Wahyudi, Para Pasi Kodim 0315/Bintan dan Prajurit TNI serta PNS Kodim 0315/Bintan. (Red/PENDIM0315)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kodim O315/Bintan Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019"