Bawaslu Kepri Ajak Seluruh Bawaslu se Kepri Jadi Garda Terdepan Awasi Pemilu 

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Bawaslu Kepulauan Riau (Kepri) mengajak dan mengintruksi kepada seluruh Bawaslu di Kabupaten /Kota, Panwaslu Kecamatan Se Kepri serta Lembaga Stakeholders dan Pemantau Pemilu, harus siap dan mempunyai komitmen untuk menjadi garda terdepan dalam pengawasan penyelenggaraan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kepri.

“Saya instruksikan kepada seluruh jajaran Bawaslu, siap dan harus mempunyai komitmen untuk menjadi garda terdepan dalam pengawasan penyelenggaraan pelaksanaan untuk mensukeskan Pemilu 2019 di wilayah Kepri yang berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945,” kata Ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Syahri Papene kepada 400 orang peserta yang hadir pada apel pengawasan bersama seluruh Bawaslu Kab/Kota, Rabu (30/1/2019) di halaman Gedung Daerah, Tepi laut Tanjungpinang.

M Syahri Papene dalam sambutannya menyampaikan, kepada jajaran pengawas pemilu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, PKD dan PTPS, agar dapat membangun kepercayaan publik.

“Saya berharap agar dapat membangun kepercayaan publik melalui sikap yang lebih baik dalam setiap melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan memiliki kredibilitas dalam berinteraksi dengan stakeholder/ masyarakat, serta melaksanakan undang-undang secara konsisten dengan prinsip profesionalisme dan berintegritas,” ucap M Syahri.

Menurut pasal 22E Ayat (1) UUD 1945, kata dia, menggariskan enam kriteria pemilu demokratis, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
Kemudian UU Pemilu menambah dua kriteria lagi, yakni transparan dan akuntabel.

Melihat Pemilu tinggal hitungan hari yaitu sekitar 78 hari lagi, yang mana kita ketahui bersama bahwa Pemilu 2019 ini menjadi momentum puncak Pemilu serentak, yang terdiri dari Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Prop dan Kab/Kota.

“Oleh karenanya, Bawaslu harus hadir menjadi solusi terhadap berbagai tuntutan untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan atas berbagai pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh siapa pun,” tegas M Syahri Papene. (ZAL).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bawaslu Kepri Ajak Seluruh Bawaslu se Kepri Jadi Garda Terdepan Awasi Pemilu "