Darma, Mustofa, Alfin Laporkan Dana Kampanye ke KPU

Tanjungpinang, Tuah Kepri – 3 Calon perseorangan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2019, menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Rabu (2/1/2019).

3 Calon DPD RI Provinsi Kepri perseorangan yang telah melaporkan LPSDK dari 12 calon tersebut, yaitu Darma Setiawan, Mustofa Wijaya dan Alfin.

‘Darma Setaiwan melaporkan sekitar Rp144,3 juta yaitu pada pukul
9.40 wib. Kemudian Mustofa Wijaya melaporkan sekitar Rp 200 juta pada pukul 9.55 wib dan Alfin melaporkan sekitar Rp 22 juta pada pukul 10.00 Wib dan sumbangan ini berasal dari sumbangan perorangan dan orang,” kata Komisioner Divisi Hukum, KPU Provinsi Kepri, Widiyono Agung Sulityo.

Agung menjelaskan, laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), berdasarkan Per PKPU Nomor 34 Tahun 2018 dan Juknis KPU RI. Dan saat ini pihak KPU Kepri masih menunggu laporan penerimaan sumbangan dana kampanye dari masing- masing calon DPD lainya.

“Kita masih menunggu laporan dari calon DPD lainnya. Sedanhkan ketentuan maksimal sumbangan dana kampanye perorang atau orang laing perseorangan untuk calon DPD RI yaitu sekitar Rp 750 juta dan penyumbang tersebut statusnya harus jelas identitasnya,” ucapnya.

Namun kata Agung selain penyumbang status tidak jelas, larangan lainnya untuk para calon DPD RI tidak boleh menerima sumbangan dana kampante dari pihak BUMD.

“Jika menerima sumbangan tersebut, maka uang itu tidak boleh digunakan karena sanksinya pidana yaitu UU nomor 7 tahun 2017,” ucapnya. (ZAL).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Darma, Mustofa, Alfin Laporkan Dana Kampanye ke KPU"