'

Rahma Ikuti Workshop Sinergitas Penguatan WAkil Kepala Daerah se-Indonesia

Jakarta, Tuah Kepri – Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengikuti Workshop Sinergitas dan Harmonisasi Kepala Daerah dan Penguatan Kedudukan Wakil Kepala Daerah se-Indonesia, selama empat hari dari tanggal 21 sampai 24 November 2018 di di Hotel Sultan Jakarta.

Workshop ini dalam rangka memperkuat sinergitas Wakil Kepala Daerah (Wakada) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang merupakan lembaga penelitian dan pengapdian kepada masyarakat.

Disela-sela workshop, Rahma menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga sinergitas dan keharmonisan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membetuk Asosiasi Wakil Kepala Daerah (AWAKADA).

“Kegiatan ini saya ikuti untuk mempermudah tugas sebagai Wakil Walikota, serta adanya penguatan kedudukan Wakada dalam bertugas yang memerlukan keselarasan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” ucap Rahma.

Menurut Rahma, kegiatan yang diikutinya tersebut merupakan cara jitu dan sangat bermanfaat untuk saling memahami tugas pokok antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di setiap daerah.

Lanjut dikatakanya, dengan adanya pembagian tugas dan kewenangan itu diharapkan tidak merusak keharmonisan diantara keduanya.

“Ini merupakan suatu pembekalan yang baik dan disini kita diberikan pemahaman serta strategi dalam menangkal ketidakharmonisan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, yang berguna untuk saling memahami serta menyadari posisi dalam membangun komitmen untuk memajukan suatu daerah,” kata Rahma.

Dengan adanya workshop ini, kata Rahma, akan terbangun sebuah keharmonisan serta sinergitas, sehingga dapat meminimalisir apersepsi atau terjadi hal yang membingungkan di setiap OPD.

“Yang kita hindari adalah ketidakharmonisan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah akan membuat birokrasi dan kinerja pemerintahan terganggu serta terpengaruh. Tentu akan berdampak negatif terutama menyangkut dengan pelayanan publik,” tegas Rahma.

Rahma menambahkan, Workshop ini juga diberikan pembekalan tentang pencegahan gratifikasi yang disampaikan langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Narasumber dalam workshop tersebut yakni Direktur Pembinaan dan Pelaksana Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas, Laksma TNI Suratno, Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik, dan Direktur Gratifikasi KPK, Syarief Hidayat. (ZAL/Hum).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rahma Ikuti Workshop Sinergitas Penguatan WAkil Kepala Daerah se-Indonesia"