KPU Sosialisasi Menyongsong Pemilu 2019

Tidak ada komentar 38 views

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, menggelar Acara Sosialisasi menyongsong pemilu secara umum tentang Pemilu Tahun 2019, Kamis (30/11) di Hotel CK Tanjungpinang.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria.

Robby mengatakan, selain sosialisasi, KPU Kota Tanjungpinang juga akan menyerahkan hasil penelitian administrasi 5 Partai Politik susulan pasca putusan Bawaslu RI.

Adapun 5 partai tersebut yaitu, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, Partai Idaman dan Partai Rakyat.

“Hari ini KPU Kota Tanjungpinang juga akan menyerahkan hasil penelitian administrasi 5 Partai Politik susulan”, ungkap Robby.

Ia juga menambahkan narasumber kegiatan ini yaitu dari Kejaksaan Negeri, Dekan Fisip Umrah, dan Panwaslu Kota Tanjungpinang.

“Nanti akan disampaiakan tentang penegakan hukum dan pelanggaran terkait pemilu, pengawasan penyelenggaraan pemilu dan pengamatan politik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Maryamah selaku Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang mengatakan, tugas Panwaslu salah satunya mencegah dan menindak di wilayah Kabupaten/Kota terhadap pelanggaran pemilu yaitu, pelanggan administrasi dan sengketa proses pemilu.

“Panwaslu mencegah dan menindak adanya pelanggaran di wilayah Kab/Kota salah satunya pelanggaran administrasi dan sengketa proses pemilu,” ujarnya.

Panwaslu juga berperan dalam mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu, putusan dan keputusan di wilayah Kabupaten/Kota, mengawasi netralisasi semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Heri mengungkapkan, sistem informasi politik kedepannya harus berbasis IT dan menjaga agar tahapan pemilihan umum dapat berjalan dengan baik tanpa adanya perselisihan.

“Tahapan pemilu sangat penting untuk menjadi perhatian bersama, agar nanti saat pelaksaan tidak ada perselisihan,”,
kata Heri.

Ia juga mengungkapkan KPU bisa mensosialisasikan ke sekolah untuk menggerakkan pemilih pemula yang aktif dan menggunakan hak suaranya.

Sementara itu, pengamat politik dari Dekan Fisip Umrah Tanjungpinang Bismar Arianto dalam kesempatan itu menambahkan, pemilu merupakan mekanisme seleksi kepemimpinan yang demokratis, semua orang punya hak untuk memilih dan pemilu yang berualitas ada 6 komponen.

Bismar juga menyampaikan jadikan media untuk mensukseskan pemilu dan jadikan alat kontrol dalam pemilu.

“Pemilu berkualitas ada 6 komponen yaitu, pemilih berdaulat, peserta pemilu, aparat penegak hukum, penerintah/ pemda, pers/media sosial dan penyelenggara pemilu,” katanya.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 15.30 WIB ini, dalam acara ini dihadiri oleh para undangan yang terdiri Asisten Pemerintahan, Kapolres Kota Tanjungpinang, Ketua Panwaslu, 19 Ketua Partai Politik, Ormas, OKP, 6 SMA Negeri dan Ketua BEM dari 2 Universitas Kota Tanjungpinang. (AFRIZAL).

Pencarian Terkait

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KPU Sosialisasi Menyongsong Pemilu 2019"