Kongres X, AJI Indonesia Tetapkan Terbentuknya AJI Kota Tanjungpinang

Solo, Tuah Kepri – Kongres X Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, menetapkan terbentuknya AJI Kota Tanjungpinang, Jumat (24/11) di Hotel Sultan, Solo.

Penetapan AJI Kota Tanjungpinang yang sebelumnya berstatus persiapan ini melalui sidang pleno dalam kongres dihadiri 37 kepengurusan AJI Kota se Indonesia.

Di jalannya sidang dipimpin Imam D Nugroho, wakil pimpinan Insyani S dan sekretaris Hendra Makmur disampaikan, pembentukan AJI Kota Tanjungpinang dinyatakan telah memenuhi persyaratan sebagaimana pasal 14 sampai dengan dasar, dan pasal 23 AD/ART Aliansi Jurnalis Independen Indonesia. Baik persyaratan administrasi maupun jumlah keanggotaan.

Penetapan AJI Kota Tanjungpinang mendapatkan sambutan dari ratusan kepengurusan dan anggota AJI Kota yang memenuhi ballroom Hotel Sultan.

Keputusan Pembentukan AJI Kota Tanjungpinang setelah melalui perjalan panjang, dimulai dari tahun 2005, dimana muncul keinginan sejumlah pekerja media di Tanjungpinang untuk menegakkan martabat jurnalis. Hal ini sejalan dengan semangat AJI yang mengusung jargon independen.

Seiring perjalanannya, bersama jurnalis yang bertugas di Batam, keberadaan AJI di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya terwujud. Tahun 2006 kepengurusan AJI Indonesia merestui terbentuknya AJI persiapan Kota Batam dengan merangkul keanggotaan dari pekerja media di Tanjungpinang dan Batam.

Tahun 2008, AJI Kota Batam dikukuhkan, membawahi 30 anggota. Namun semangat untuk membentuk AJI Kota Tanjungpinang tidak surut. Setelah terjadi enam kali pergantian kepengurusan, pembentukan AJI Kota Tanjungpinang dideklarasikan.

Pendeklarasian persisnya saat Konfreta AJI Kota Batam berlangsung di Hotel Furia Tanjungpinang Juni 2015. Semangat pembentukan AJI Kota Tanjungpinang didasari berbagai hal: bawa Kota Tanjungpinang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepri, bahwa peranan AJI dalam melaksanakan fungsi sebagai organisasi jurnalis independen dibutuhkan terutama untuk kepentingan masyarakat Kota Tanjungpinang, dan letak geografis Tanjungpinang yang terpisah oleh perairan.

Dan gayung pun akhirnya bersambut. Bertempat di Hotel Comfort Tanjungpinang, AJI Persiapan Kota Tanjungpinang direstui sebagai awal dibentuknya AJI Kota Tanjungpinang Jumat (24/11/2017) pukul 22:03 WIB dalam sidang pleno pada Kongres X AJI Indonesia di Hotel Sunan, Surakarta.
(ZAL/RED).

Pencarian Terkait

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kongres X, AJI Indonesia Tetapkan Terbentuknya AJI Kota Tanjungpinang"