Hari Sumpah Pemuda Ke 89 “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”

Opini – Pemuda merupakan harapan bangsa. Pemuda adalah generasi “ GEN-X” yang akan melanjutkan estafet kehidupan bangsa. Melalui tangan anak muda indonesia bisa mencapai kejayaaan yang gemilang, tapi melalui pemuda juga Negara bisa terpuruk dan dinafikan.

DIAN FADILLAH, S.Sos Ketua Sanggar Lembayung Tanjungpinang Provinsi Kepri

DIAN FADILLAH, S.Sos
Ketua Sanggar Lembayung Tanjungpinang Provinsi Kepri

Pemuda yang secara definisi dengan polemik batasan umur yang menjadi topic pembicaraan, tentunya harus dapat disikapi dengan bijaksana dan jangan sampai berkepanjangan dan jangan sampai permasalahan pemuda hanya dilihat secara ruang lingkup kecil saja.

Tapi cobalah berpikir secara global dan nilai-nilai positif yang lain yaitu asal mempunyai karya dan inovasi ke depan untuk bangsa dan Negara. Sehingga dengan demikian, nilai nilai kepemudaan itu akan dapat menelurkan generasi baru enerjik yang cocok untuk mengatas namakan pemuda dengan segala perkembangan dan harapan dengan tetap merujuk kepada UU Kepemudaan yaitu pasal 1 ayat 1 dari UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang bunyinya :

” Pemuda adalah warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.”

Dengan mensosialisasikan substansi Undang-Undang Kepemudaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan “Sosialisasi Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan” pada 19 Oktober 2010 lalu.

Sumpah pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena pada saat dibentuk pada tanggal 28 oktober 1928, merupakan awal dari lahirnya sebuah bangsa yang hebat yaitu bangsa indonesia.

Apabila dilihat dari sejarah berdirinya sumpah pemuda, dibentuk karena adanya tekad persatuan dan kesatuan yang kuat yang dapat dijelmakan dan diwujukdkan yang memiliki makna mendorong persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia, karena masa depan Negara ini berada ditangan para pemuda Indonesia dengan menyelesaikan masalah secara musyawarah mufakat. Sehingga menajdikan pemuda sebagai pelopor kemerdekan bangsa Indonesia sebagaimana Isi teks sumpah pemuda:

“Kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Makna yang besar bagi bangsa Indonesia adalah dari perkumpulan organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Bataks, Jong Ambon, dan sebagainya merumuskan kata Indonesia yang secara perspektif Islam dan agama lain. Karena berkumpul atas satu kesadaran bahwa mereka yang datang dari berbagai suku merasa dijajah oleh bangsa asing, Belanda.

Waktu itu, belum ada negara Indonesia. Bahkan, kata Indonesia belum ada dan kemudian muncul istilah kolonialisme dan penjajahan. Karena, sebelumnya bangsa dari berbagai suku di Nusantara tidak sadar, kalau mereka dijajah menjadi titik balik dari kesadaran manusia Nusantara untuk membebaskan diri dari kolonialisme Belanda, yang akhirnya para pemuda memilih kata “Indonesia” untuk membuat satu semangat kemerdekaan dari suku-bangsa yang ada di Indonesia.

Arti kata Indonesia berasal dari Indo dan nesos yang berarti Kepulauan Hindia. Dalam kongres tersebut, para pelajar dan pemuda kemudian menemukan kata Indonesia, untuk menyatukan semangat perjuangan suku-bangsa di Nusantara, yang awalnya masih tercerai berai, sehingga membuat poin-poin penting untuk melawan kolonialisme melalui semangat yang memersatukan. Kelak, poin-poin yang dicetuskan pada pemuda itu dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Kontekstual Pemuda saat ini hendaknya tidak memberikan batasan gerak, langkah serta irama, apalagi untuk bergerak lebih cepat mengembangkan diri berkarya demi bangsa. Bekerja dengan semangat juang yang tinggi perlu ditanamkan pada setiap insane setiap generasi muda laki-laki ataupun perempuan karena.

Dengan konsentrasi seperti itu kita akan mengetahui  bahwa orang tua yang ada saat ini dahulunya mereka pekerja, pemuda yang tangguh pemuda yang hebat dan pemuda yang punya pengalaman dan jam terbang tinggi dalam organisasi kemasyarakatan.

Mengenal negera ini waktu ke waktu yang merupakan proses yang tidak dapat dipisahkan. Kerja dahulu menikmati sekarang seiring dengan proses perkembangan waktu, sehingga tidak kata bermain main di waktu muda, sehingga tidak ada waktu untuk mempersiapkan waktu tua yang diawali dengan perkenalan dalam keluaraga kecil, dan menjadi generasi muda berkualitas memiliki konsep-konsep hebat yang selalu dikaitkan dengan nilai-nilai patriotisme tinggi.

Kebangsaan dan landasan keagamaan yang kuat sebagai pemahaman idiologis dan kultural. Masyarakat menunggu anak muda Tanjungpinang untuk berbuat di tingkat yang lebih tinggi, dikenal dengan kepandaian bicaranya, tata kramanya yang sopan dan intelektual tingginya untuk ikut melahirkan kembali negeri ini, dengan ide briliian dan onovatif. Meskipun dalam konsep yang sangat sederhana, tapi memiliki landasan dasar yang berpijak pajak unjuk kemampunan berbuat bagi kalangan pemuda itu sendiri, sebagai salah satu aset yang beridentitas potensial penerus cita-cita perjuangan bangsa dan besar.

Sumber insani segala inspirasi positif bagi pembangunan bangsa yang secara karma, merupakan harapan bangsa yang dapat menyimpulkan sendiri permasalahan negeri ini. Tidak ada seorangpun yang dapat menguasai pemuda, karena pemuda itu lah yang akan memberikan warna warni bagai siapa saja yang dapat mendekatinya untuk kehidupan di masa depan.

Pemuda yang langsung Trendsetter segala aspek positif bangssa dan siap berada di depan sebagai garda bangsa, dikaitkan dengan kontekstual kepemudaan itu sendiri. Mengenal  pemuda bukan sekedar face saja dari semua hal yang melibatkan secara utuh yang dalam implementasinya, kepemudaanlah yang menjadi motorik itu semua sehingga dapat membuka ruang bagi tiap-tiap orang untuk berkembang dan mengeluarkan ide idenya dalam sebuah kebijakan progressive sektor public, untuk menciptakan Golden Chance dalam perintisan pergerakan kebangsaan Indonesia sampai dengan terwujudnya NKRI yang utuh dan berkembang dan menjadikan Kompetisi yang ada sebagai generasi utuh, menghasilkan Sang Juara sejati untuk daerah masing masing.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE- 89  MENCIPTAKAN PEMUDA HEBAT sesuai dengan Tema Hari Sumpah Pemuda 2017, adalah “ Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

Pencarian Terkait

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hari Sumpah Pemuda Ke 89 “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”"