Taman Bunga Sebagai Paru-Paru Masyarakat

Tidak ada komentar 762 views

                   OPINI Oleh:

Dian Fadillah

Dian Fadillah, S.Sos
Pemerhati Jalan-Jalan, Ketua Sanggar Lembayung Provinsi Kepri

Taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapatkan kesenangan, kegembiraan, dan kenyamanan (Laurie,1986:9). Sedangkan Kota adalah tempat berlangsungnya proses hidup dan kehidupan atau sebagai tempat berlangsungnya aktifitas manusia (Setiyaningrum, Diyah,2002:4).

Secara literature umum dapat diartikan bahwa Taman Kota adalah “Taman yang berada di lingkungan sebuah perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota”.

Apabila dilihat dari Fungsi Taman Kota itu sendiri dapat dipahami bahwa, berbagai fungsi taman yang dapat dirasakan manfaatnya adalah :

1. Secara Ekologis

Taman kota sebagai penjaga kualitas lingkungan kota dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai Paru-paru kota yang menghasilkan banyak O2 ( Filter debu dan asap kendaraan bermotor yang dapat dapat meminimalisir segala polusi udara yang ada di tengah masyarakat). Tempat penyimpanan air tanah (dapat mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah yang bermuara pada cerita lama “musim hujan kebanjiran, musim kemarau kekeringan”. Disamping itu Taman Kota juga dapat meredam kebisingan kota yang padat dalam aktivitas, pelestarian lingkungan ekosistem.

2. Secara Sosial

Taman kota sebagai tempat komunikasi sosial, sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi, sebagai landmark sebuah kota, menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

Siapa manusia yang tidak senang dengan keindahan , apalagi keindahan bunga bunga di taman ! semua mata akan berkata wow… top banget. Taman merupakan suatu objek yang disukai semua orang tanpa terkecuali untuk dilihat tanpa rasa bosan. Apakah bunga itu termasuk standar bunga yang biasa di tanam di sekitar kita tanpa melihat nama nama bunganya ataupun bunga bunga yang sudah ternama dan ditanam disekitar kota kota atau Negara besar. Bunga bisa ditanam di rumah sendiri, rumah tetangga, atau di lingkungan Komplek Perumahan atau di taman kota dengan skala yang lebih besar. Semakin semarak jumlah bunga yang ditanam maka semakin segar mata untuk melihat apalagi bunga bunga yang termasuk katergori harga yang mahal seperti Tulips, Matahari, atau Bunga Sakura yang bukan hanya sekedar menyegarkan untuk dilihat tapi juga membuat kita tidak ingin jauh dari tempat itu.

Terkadang niat hati untuk melihat (bukan hanya untuk selfie saja), tapi terkadang niat untuk memiliki sendiri dengan harapan menambah koleksi pribadi tanpa modal dengan cara memotong, memangkas atau mematahkan tanpa izin untuk dipindahkan ke rumah sendiri

Seberapa pentingkah sebuah Taman Kota untuk diadakan atau dibangun ? Apabila dipikir mungkin ini merupakan suatu pertanyaan yang nyeleneh atau mungkin bodoh, karena apabila dilihat dari fungsi dan manfaat yang ditimbulkan dari sebuah taman kota, taman kota seharusnya menjadi poin penting dalam (Site plan) perencanaan sebuah kota apalagi Kota besar. Karena disamping berfungsi menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman kota seharusnya juga dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis.

Selain itu menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melaikan juga terhadap mahkluk-makhluk hidup lainnya. Sebuah Taman yang baik merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik. Manusia (masyarakat) merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas masyarakat akan mempengaruhi kualitas sebuah kota.

Bagaimana kalau kita lihat dari sisi manfaat Taman Kota Bagi Kita masyarakat. Berdasarkan Forum yahoo answers beberapa waktu lalu bahwa Manfaat taman kota itu adalah :
1. Penghijauan kota yang umumnya gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan.

2. Untuk rekreasi bagi penduduk kota yang tidak perlu repot lagi untuk ke Gunung atau desa yang masih bayak tumbuhannya.

3. Untuk menyerap gas karbon dioksida (CO2) yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor, mobil, pabrik, pembakaran sampah. Dalam proses fotosintesisi sebagai berikut: CO2 +H2O ———–<C6H12O6 + O2 (dengan bantuan sinar matahari)

4. Pohon-pohonan dalam taman kota, bisa menyimpan air banyak sekali, tanaman terdiri dari 80 % air dan 20 % berat bahan yang lain seperti kayu daun, kambium. Sehingga kalau satu tanaman beratnya 1000 kg (1 ton) maka air yang dikandungnya = 80/100 x 1.000 kg = 800 kg air, yang volumenya = 800 liter.. lha kalau dalam suatau taman kota ada 100 pohon saja maka air yang bisa disimpan ditaman kota sebanyak = 800 liter x 100 pohon = 80.000 liter kalau dimuat dalam truk tanki yang volumenya 5000 L akan tersedia = 80.000/ 5000 = 16 tangki air. Taman kota akan ikut serta menyumbangkan dalam rangka mencegah terjadinya banjir karena air tidak akan langsung terbuang ke sungai /selokan tetapi diserap oleh taman kota.

5. Dalam proses fotosintesis dapat dihasislkan gas Oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan hewan. Sehingga udara dikota diharapkan bisa segar karena banyak Oksigen (O2) yang dihasikan oleh taman kota.

6. Media pembelajaran anak-anak sekolah tentang macam-macam tanaman, jenis tanaman sifat-sifat tanaman.

7. Tempat hidup margasatwa yang berfungsi sebagai predator dalam kehidupan dan sebagainya.

Moment penting keberadaan bunga di taman dapat memberikan nilai plus tak terhingga adalah pada saat adanya acara pergantian tahun baru, acara hari jadi atau keramaian sebuah kota atau daerah yang merupakan alasan prertisius kita untuk dapat melihat cantiknya dan semerbaknya taman bunga. Sebuah taman bunga yang dapat terdiri dari berbagai bunga dengan filosofi sebagai paru paru kota hendaknya dapat dipelihara dan ditambah dalam koleksinya.

Dalam kenyataaannya, masyarakat sendirilah yang terkadang melupakan keindahan itu. Banyak sekali ditemukan sekelompok masyarakat atau oknum termasuk anak- anak ataupun dewasa yang tidak sekedar memanfaatkan keadaan itu untuk berphoto ria dan melupakan kelangsungan hidup bunga-bunga itu sehingga setelah photograph was ready maka seiring itu kelangsungan bunga akan terancam punah atau mati, tragis dan menyedihkan.

Taman Kota merupakan taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.  Lihat sekeliling kita. Nampak sekali banyak masyarakat Indonesia belum memahami betul tentang apa dan bagaimana kegunaan bunga dalam aspek kesehatan masyarakat ? Mimpi rasanya melihat taman bunga dunia yang terkenal seperti Taman Bunga Amaryllis di german dan taman Viaduct di belanda.

Toh masyarakat disana tidak sedikitpun berniat untuk merusak (dengan denda yang tinggi). Apakah kita sadar pentingnya taman bunga untuk perkembangan hidup masyarakat di generasi berikutnya. Apabila diberikan sanksi yang besar ? Kapan kesadaran terhadap lingkungan itu akan muncul ? Aku rindu Indonesia ku Indah…Bersih … Sehat.***

Pencarian Terkait

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Taman Bunga Sebagai Paru-Paru Masyarakat"