Beri Pemahaman dan Bekal AMT, PT Pertamina Patra Niaga Sosilisasikan Defensive Driving Training

TANJUNGPINANG, TUAHKEPRI – PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau melaksanakan kegitaan sosialisasi pelatihan mengemudi defensive kepada awak mobil tangki (AMT), Minggu (21/2/2021) di Hotel Comfort Tanjungpinang.

Sosialisasi ini diikuti puluhan driver pengemudi AMT di wilayah Bintan dan Tanjungpinang, dengan tujuan untuk mengingat kembali apa ketentuan ketentuan mengendarai yang baik sesuai aturan ketika membawa mobil tangki. Hal ini disampaikan FT Manager Kijang Group PT pertamina, Mashuril Husni.

“Intinya kita menrepres atau mengingat kembali ketentuan mengendara yang baik khususnya untuk AMT membawa mobil tangki. Artinya teman teman bijak dalam mengendara untuk menghindari insiden dijalan,,” katanya.

Dengan adanya kegiatan sosilalisi ini, Husni berharap bisa membentuk karakter para pengendara mobil AMT karena karakter pengendara AMT ini berbeda beda.

“Kita hanya bisa membentuk karakter mobil tangki. Karena karakter mobil tangki yang melayani kebutuhan pengisian di SPBU dan lembaga lain dari Pertamina dan itu harus memahami ketentuan defensive Drive dari pihak kepolisian maupun ketentuan pihak pertamina sendiri, ” ucap Husni.

Kepala Perwakilan PT Pertamina Patra Niaga SS Batam, Kepri, Asriandy mengatakan kegiatan sosialisasi pelatihan mengemudi defensive kepada awak mobil tangki (AMT), salah satunya dalam memperingati hari Kesehatan dan keselamatan Kerja (K3).

“Dan untuk pelatihan defensive driving yang kita laksanakan pada hari ini untuk memberi pemahaman tertib dijalan raya khusus bagi AMT dalam mengendari mobil tangki, ” kata Asriandy.

Selain memberi pelatihan defensive drive, sambung Asriandy pihaknya juga memberikan pelatihan skil buat AMT untuk pengunaan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran saat mengendara maupun di SPBU. “Apabila ada suatu insiden bisa ditanggulangi, ” ucap Asriandy.

Lanjut dikatanya, pelatihan ini adalah salah satu langkah untuk membekali AMT dengan pengetahuan dan pelatihan guna  meminimalisir insiden transportasi di lingkungan kerja.

Kasatlantas Kabupaten Bintan, AKP Fian Agung Wibowo SH, SIK mengucapkan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga Kepri yang telah memberikan pelatihan pemahaman tentang Defensive Driving bagi awak mobil tangki (AMT) mengunakan mobil tangki.

“Saya sangat mengapresiasi yang telah dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga sebagai langkah awal memberi pemahaman bagi pengendara AMT yang membawa minyak dengan kendaraan mengunakan akses lalu lintas, ” katanya.

Selain mengucapkan apresiasi, Kasatlantas Bintan menyampaikan dengan kegiatan seperti ini juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.

Begitu dengan media juga bisa memberikan informasi kepada masyarakat khususnya masyarakat Bintan agar bisa memahami dampak bahaya yang di timbulkan.

“Untuk Driver AMT sebelum mengendarai mobil untuk menjaga kesehatan, melengkapi administasi mengunakan kendaraan. Dan untuk menghindari yang tidak diinginkan, saya berharap para pengendara membawa mobil tangki harus mematuhui peraturan yang ada di lalu lintas, ” ucap Kasatlantas Bintan. (ZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Beri Pemahaman dan Bekal AMT, PT Pertamina Patra Niaga Sosilisasikan Defensive Driving Training"